7 Sikap dan Perilaku Wirausaha yang Perlu Kamu Ketahui
Ingin menjadi wirausahawan dan mendapat keuntungannya? Memiliki ide saja tidak cukup! Pertama-tama kamu harus memiliki sikap dan perilaku wirausaha yang tepat, dan hal ini bukan sesuatu yang bisa dipelajari di sekolah. Semua pebisnis sukses dunia disatukan oleh hal yang sama: mereka memiliki karakteristik dan perilaku tepat yang mendorong keberhasilan mereka. Hal ini dimiliki investor top Amerika hingga pengusaha tas di Nusa Tenggara Timur.
Inspirasi Sikap dan Perilaku Wirausaha dari Pebisnis Sukses
Ketika merencanakan bisnis, jangan berhenti pada aspek teknisnya. Jangan lupa menerapkan tujuh karakteristik dan sikap ala pebisnis sukses ini:
1. Tidak ragu mengambil langkah pertama
“Ketika aku diberhentikan dengan cek pesangon, aku tidak meratap. Hari berikutnya, aku langsung mengambil risiko dan mendirikan perusahaan berdasarkan ide yang semua orang pikir akan gagal”.
Itulah kata-kata Michael Bloomberg, mantan wali kota New York dan pendiri perusahaan media Bloomberg LP. Menurutnya, pengusaha sukses adalah mereka yang benar-benar berani menerapkan idenya, bukan hanya berencana. Walau mempertimbangkan risiko juga penting, setiap langkah pertama dalam bisnis (terutama untuk produk inovatif) membutuhkan keberanian untuk mewujudkan ide di dunia nyata.
2. Tidak meratapi kegagalan
Jika kamu berbisnis dengan perasaan “takut gagal”, kamu pasti akan sulit memikirkan ide inovatif serta mengembangkan bisnis. Inilah persamaan antara para pengusaha di Indonesia seperti Yasa Singgih (pendiri Men’s Republic), Nicholas Kurniawan (pengusaha ikan hias), dan Sunny Kamengmau (perintis tas Robita). Ketiganya pernah berganti-ganti pekerjaan atau bisnis beberapa kali karena gagal, namun mereka tidak berlama-lama meratapi kegagalan dan terus mencoba sampai menemukan pola bisnis yang cocok.
Baca juga : Belajar Bisnis dengan Cara yang Mudah
3. Memahami produk serta sasarannya
Hindari terjun ke dunia bisnis jika kamu belum paham produkmu sendiri! Bill Campbell, pebisnis Silicon Valley sukses, menjelaskan bahwa setiap pengusaha sukses mengetahui dengan jelas nilai produk mereka, siapa yang membutuhkan, serta hal apa yang mereka bisa tawarkan. Pengusaha ideal juga membuka ruang untuk mengembangkan produknya, dan selalu berusaha meningkatkan kualitasnya.
4. Pandai memanfaatkan tren dan fasilitas terkini
Ingatkah kamu pada awal kepopuleran Keripik Maicih dulu? Keripik ini kebanyakan dijual di mobil yang parkir pada waktu-waktu tertentu atau di Twitter. Perintis Maicih, Reza Nurhilman, sengaja memanfaatkan tren Twitter serta pemasaran unik untuk memanfaatkan sifat “ingin terkenal” yang banyak dimiliki para pengguna jejaring sosial. Hal ini membuat Keripik Maicih makin dicari oleh orang-orang yang penasaran, sehingga meningkatkan jumlah pembelian dan promosi gratis.
5. Tidak ragu menjalin hubungan dan berinteraksi
Bila kamu seorang pemalu, saatnya kamu belajar dan kembangkan cara berkomunikasi yang baik. Kepandaian menjalin relasi dan interaksi dengan orang lain akan perluas wawasanmu dan mendapat potensi untuk kerja sama. Para pengusaha masa kini seperti Scott Oldford (pendiri lembaga konsultasi bisnis INFINITUS) dan Brian Klock (pendiri Financial Freedom Creator) menjelaskan bahwa menjalin relasi sangat penting bagi sifat bisnis mereka yang melibatkan komunikasi. Pengusaha harus pandai menjaga hubungan kerjasama atau dengan orang lain.
6. Selalu belajar dan mencari celah pemasaran
Mengapa Jeff Bezos tetap menjadi “raja” pemasaran daring walau saat ini ada banyak saingan? Rahasianya adalah kemauan untuk tetap belajar dan mencari tahu persaingan macam apa yang dihadapinya. Bezos terus berinovasi dengan Amazon, mencari cara untuk menyingkat waktu dan metode layanan pemesanan barang bagi pelanggan di seluruh dunia. Dia terus mencari celah dari bisnisnya atau potensi saingannya, lalu mencari jalan untuk meningkatkannya lewat layanan dan inovasi baru.
7. Bersikap baik dan mendukung komunitas
Mempertahankan sikap baik serta mau mendukung komunitas di sekitarmu bukan hanya soal berbuat baik. Kedua hal tersebut merupakan “pemasaran halus” yang akan tersebar dari mulut ke mulut. Reputasimu akan cepat tumbuh, dan calon rekan atau klien potensial akan mendapat kesan lebih positif terhadapmu. Sweta Patel, penasihat pemasaran dan pendiri Silicon Valley Startup Marketing, menjelaskan bahwa menjalin hubungan timbal balik “seperti tetangga” adalah salah satu kunci suksesnya. Ide dan produk yang bagus tidak akan bisa menjadi bisnis sukses tanpa sikap yang tepat. Adopsi ketujuh sikap dan perilaku wirausaha ini sebelum kamu siap terjun ke dunia bisnis.
Bila kamu ingin menjadi wirausahawan. Mulailah dengan mengadopsi sikap dan perilaku wirausaha yaitu berani untuk mengambil langkah pertama, bangkit dari kegagalan, dan pandai menganalisa pasar dan situasi. Miliki jiwanya dan mulailah dari modal yang paling kecil sebesar 50 ribu. Jika kamu tertarik untuk pinjaman modal, Pegadaian melayani pencairan dana mudah untuk memulai wirausaha.
Artikel Lainnya
Wirausaha
Keuntungan Bisnis Boneka Ternyata Luar Biasa
Tak Terduga! Bisnis Boneka Bawa Keuntungan Luar Biasa dengan Peluang Pasar yang Besar.
Inspirasi
5 Ide Bisnis Unik dan Kreatif Ini Bisa Menghasilkan Uang dan Jarang Dilirik Orang, Lho!
Mencari inspirasi bisnis unik dan kreatif bukanlah perkara yang sulit. Dengan kreativitas, maka akan mempermudah mencari peluang bisnis yang unik dan kreatif. Ide-ide bisnis yang dapat ditemukan di sini menjadi bukti bahwa mencari peluang bisnis unik dan kreatif adalah hal yang mudah.
Inspirasi
Mengenal Franchise atau Waralaba. Kenali Strateginya Agar Tetap Cuan!
Franchise atau waralaba adalah bisnis dengan sistem yang telah dibangun oleh pemiliknya. Kira-kira, bagaimana strategi agar tetap untung? Baca dulu yuk biar update.