Pertanyaan Seputar Tring! by Pegadaian yang Sering Diajukan Nasabah

Oleh Sahabat Pegadaian dalam Edukasi

11 October 2025
Bagikan :
image detail artikel

Seiring dengan peluncuran aplikasi terbaru Pegadaian, banyak nasabah yang mulai melakukan migrasi dari aplikasi Pegadaian Digital ke Tring! by Pegadaian. 

Proses migrasi ini terkadang menimbulkan sejumlah pertanyaan terkait pembuatan akun, verifikasi identitas, hingga penggunaan fitur baru. 

Artikel ini akan membahas pertanyaan yang sering diajukan nasabah agar proses migrasi dari aplikasi Pegadaian Digital ke Tring! by Pegadaian menjadi lebih mudah dan lancar. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pertanyaan Seputar Tring! By Pegadaian

Dalam proses migrasi dari aplikasi Pegadaian Digital ke Tring! by Pegadaian, nasabah sering mengalami kendala atau kebingungan terkait pembuatan akun, prosedur verifikasi identitas, serta penggunaan fitur-fitur aplikasi. 

Berikut ini penjelasan atas pertanyaan yang paling sering diajukan nasabah mengenai hal tersebut:

1. Saya Pengguna Aplikasi Pegadaian Digital, Apakah Saya Tetap Harus Melakukan Registrasi Ulang?

Ya, baik pengguna baru maupun pengguna lama, keduanya tetap harus melakukan proses registrasi sesuai dengan tahapan yang ada.

Selain itu, saat proses registrasi ulang pun pengguna memilih opsi “Daftar” bukan “Masuk” untuk membuat User ID yang baru. 

2. Kenapa Saya Kesulitan Membuat User ID di Tring! by Pegadaian?

Jika kamu kesulitan dalam membuat User ID, pastikan kamu menggunakan KTP serta data yang sama seperti pada akun di aplikasi Pegadaian Digital sebelumnya.

3. Apakah Saldo dan Portofolio Saya Akan Hilang Setelah Registrasi?

Tidak. Jika registrasi ulang dilakukan dengan KTP, nomor telepon, dan email yang valid, maka seluruh saldo emas dan portofolio akan otomatis terintegrasi di aplikasi Tring! by Pegadaian. 

4. Apakah Aman Kalau Saya Berikan Alamat Email Saat Registrasi?

Aman, pastikan hanya menerima link verfikasi dari alamat email resmi dari Pegadaian, yaitu tring@pegadaian.co.id. Selain itu, jangan lupa gunakan alamat email yang valid supaya proses verifikasi akun berhasil.

5. Saya Sudah Mengisi Email, Tapi Tidak Dapat Verifikasi. Kenapa?

Jika nasabah tidak dapat membuka email karena perangkat yang tidak mendukung, maka proses verifikasi dapat dilakukan dari perangkat lain. Nasabah tidak harus menggunakan handphone utama untuk membuka email.

6. Kenapa Proses Verifikasi KTP Saya Gagal?

Proses verifikasi tersebut biasanya gagal terjadi karena adanya kesalahan saat mengambil foto diri atau KTP. Untuk itu, pastikan yang kamu foto itu adalah KTP asli, bukan salinan atau foto dari dokumen lain. 

Selain itu, pastikan kondusi KTP tidak rusak sehingga tulisan dan foto pada KTP dapat terbaca oleh sistem.

7. Apakah Proses Verifikasi Wajah Aman? Saya Takut Disalahgunakan.

Ya, proses ini aman dan tidak digunakan untuk pencurian identitas. Proses tersebut dilakukan untuk verifikasi identitas nasabah, maka dari itu pastikan mengikuti instruksi dengan benar.

8. Apa yang Terjadi Jika Proses Verifikasi Wajah Gagal?

Jika proses verifikasi wajah gagal, maka nasabah akan diarahkan ke guest mode. Pada tampilan guest mode tersebut, kamu hanya dapat melihat-lihat fitu dan tidak dapat login ke akun. 

Terkait hal tersebut, kamu dapat mencoba registrasi ulang sesuai intruksi yang ada. Kamu juga dapat pindah ke ruangan dengan pencahayaan cukup dan memastikan tidak ada yang menutupi wajahmu untuk memastikan proses verifikasi berjalan lancar.

9. Bagaimana Saya Tahu Kalau Perlu Verifikasi Manual?

Informasi verfikasi manual akan muncul di aplikasi Tring! by Pegadaian sehingga nasabah dapat mengikuti instruksi lebih lanjut.

10. Apa yang Terjadi Jika Proses Registrasi Membutuhkan Verifikasi Manual?

Registrasi yang membutuhkan verifikasi manual akan diproses tim Pegadaian maksimal 3x24 jam. Jika ingin lebih cepat, nasabah dapat melakukan video call verifikasi di aplikasi Tring! By Pegadaian atau menghubungi call center Pegadaian.

11. Saya Mengalami Kendala Saat Migrasi. Siapa yang Dapat Dihubungi?

Jika ada kendala terkait proses migrasi, jangan ragu untuk menghubungi call center Pegadaian: 1500-569 atau memanfaatkan menu Pusat Bantuan” di bagian pojok kanan atas pada aplikasi Tring! by Pegadaian.

12. Apakah Fitur Aksesibilitas dan Mode Developer pada Ponsel Memengaruhi Penggunaan Aplikasi?

Ya, fitur aksesibilitas dan mode developer perlu dinonaktifkan untuk menjaga keamanan data dan kelancaran penggunaan aplikasi Tring! by Pegadaian.

13. Fitur Tertentu Belum Tersedia, Apa yang Harus Dilakukan?

Beberapa fitur di aplikasi Tring! By Pegadaian masih dalam proses pengembangan. Nasabah dapat memeriksa update aplikasi secara berkala untuk mendapatkan fitur terbaru.

Bagi nasabah yang belum terbiasa dengan tampilan dan fitur baru, proses migrasi dari aplikasi Pegadaian Digital ke Tring! by Pegadaian dapat terasa membingungkan apalagi jika perangkat tidak mendungkung. 

Dengan memahami jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum di atas, kamu dapat menjalani proses migrasi dengan lebih lancar dan aman.

Jangan ragu untuk selalu memeriksa pembaruan aplikasi, mengikuti instruksi verifikasi dengan tepat, serta menghubungi call center atau Pusat Bantuan jika menemukan kendala. 

Dengan demikian, pengalaman menggunakan Tring! by Pegadaian akan lebih nyaman dan mendukung kebutuhan finansial kamu sehari-hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email kamu tidak akan terlihat oleh pengunjung lain.
Komentar *
Nama*
Email*
logo

PT Pegadaian

Berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Ikuti Media Sosial Kami

Pegadaian Call Center

1500 569

atau 021-80635162 & 021-8581162


Copyright © 2025 Sahabat Pegadaian. All Rights Reserved