Pertanyaan Seputar Tring! by Pegadaian yang Sering Diajukan Nasabah

Seiring dengan peluncuran aplikasi terbaru Pegadaian, banyak nasabah yang mulai melakukan migrasi dari aplikasi Pegadaian Digital ke Tring! by Pegadaian.
Proses migrasi ini terkadang menimbulkan sejumlah pertanyaan terkait pembuatan akun, verifikasi identitas, hingga penggunaan fitur baru.
Artikel ini akan membahas pertanyaan yang sering diajukan nasabah agar proses migrasi dari aplikasi Pegadaian Digital ke Tring! by Pegadaian menjadi lebih mudah dan lancar. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!
Pertanyaan Seputar Tring! By Pegadaian
Dalam proses migrasi dari aplikasi Pegadaian Digital ke Tring! by Pegadaian, nasabah sering mengalami kendala atau kebingungan terkait pembuatan akun, prosedur verifikasi identitas, serta penggunaan fitur-fitur aplikasi.
Berikut ini penjelasan atas pertanyaan yang paling sering diajukan nasabah mengenai hal tersebut:
1. Saya Pengguna Aplikasi Pegadaian Digital, Apakah Saya Tetap Harus Melakukan Registrasi Ulang?
Ya, baik pengguna baru maupun pengguna lama, keduanya tetap harus melakukan proses registrasi sesuai dengan tahapan yang ada.
Selain itu, saat proses registrasi ulang pun pengguna memilih opsi “Daftar” bukan “Masuk” untuk membuat User ID yang baru.
2. Kenapa Saya Kesulitan Membuat User ID di Tring! by Pegadaian?
Jika kamu kesulitan dalam membuat User ID, pastikan kamu menggunakan KTP serta data yang sama seperti pada akun di aplikasi Pegadaian Digital sebelumnya.
3. Apakah Saldo dan Portofolio Saya Akan Hilang Setelah Registrasi?
Tidak. Jika registrasi ulang dilakukan dengan KTP, nomor telepon, dan email yang valid, maka seluruh saldo emas dan portofolio akan otomatis terintegrasi di aplikasi Tring! by Pegadaian.
4. Apakah Aman Kalau Saya Berikan Alamat Email Saat Registrasi?
Aman, pastikan hanya menerima link verfikasi dari alamat email resmi dari Pegadaian, yaitu tring@pegadaian.co.id. Selain itu, jangan lupa gunakan alamat email yang valid supaya proses verifikasi akun berhasil.
5. Saya Sudah Mengisi Email, Tapi Tidak Dapat Verifikasi. Kenapa?
Jika nasabah tidak dapat membuka email karena perangkat yang tidak mendukung, maka proses verifikasi dapat dilakukan dari perangkat lain. Nasabah tidak harus menggunakan handphone utama untuk membuka email.
6. Kenapa Proses Verifikasi KTP Saya Gagal?
Proses verifikasi tersebut biasanya gagal terjadi karena adanya kesalahan saat mengambil foto diri atau KTP. Untuk itu, pastikan yang kamu foto itu adalah KTP asli, bukan salinan atau foto dari dokumen lain.
Selain itu, pastikan kondusi KTP tidak rusak sehingga tulisan dan foto pada KTP dapat terbaca oleh sistem.
7. Apakah Proses Verifikasi Wajah Aman? Saya Takut Disalahgunakan.
Ya, proses ini aman dan tidak digunakan untuk pencurian identitas. Proses tersebut dilakukan untuk verifikasi identitas nasabah, maka dari itu pastikan mengikuti instruksi dengan benar.
8. Apa yang Terjadi Jika Proses Verifikasi Wajah Gagal?
Jika proses verifikasi wajah gagal, maka nasabah akan diarahkan ke guest mode. Pada tampilan guest mode tersebut, kamu hanya dapat melihat-lihat fitu dan tidak dapat login ke akun.
Terkait hal tersebut, kamu dapat mencoba registrasi ulang sesuai intruksi yang ada. Kamu juga dapat pindah ke ruangan dengan pencahayaan cukup dan memastikan tidak ada yang menutupi wajahmu untuk memastikan proses verifikasi berjalan lancar.
9. Bagaimana Saya Tahu Kalau Perlu Verifikasi Manual?
Informasi verfikasi manual akan muncul di aplikasi Tring! by Pegadaian sehingga nasabah dapat mengikuti instruksi lebih lanjut.
10. Apa yang Terjadi Jika Proses Registrasi Membutuhkan Verifikasi Manual?
Registrasi yang membutuhkan verifikasi manual akan diproses tim Pegadaian maksimal 3x24 jam. Jika ingin lebih cepat, nasabah dapat melakukan video call verifikasi di aplikasi Tring! By Pegadaian atau menghubungi call center Pegadaian.
11. Saya Mengalami Kendala Saat Migrasi. Siapa yang Dapat Dihubungi?
Jika ada kendala terkait proses migrasi, jangan ragu untuk menghubungi call center Pegadaian: 1500-569 atau memanfaatkan menu “Pusat Bantuan” di bagian pojok kanan atas pada aplikasi Tring! by Pegadaian.
12. Apakah Fitur Aksesibilitas dan Mode Developer pada Ponsel Memengaruhi Penggunaan Aplikasi?
Ya, fitur aksesibilitas dan mode developer perlu dinonaktifkan untuk menjaga keamanan data dan kelancaran penggunaan aplikasi Tring! by Pegadaian.
13. Fitur Tertentu Belum Tersedia, Apa yang Harus Dilakukan?
Beberapa fitur di aplikasi Tring! By Pegadaian masih dalam proses pengembangan. Nasabah dapat memeriksa update aplikasi secara berkala untuk mendapatkan fitur terbaru.
Bagi nasabah yang belum terbiasa dengan tampilan dan fitur baru, proses migrasi dari aplikasi Pegadaian Digital ke Tring! by Pegadaian dapat terasa membingungkan apalagi jika perangkat tidak mendungkung.
Dengan memahami jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum di atas, kamu dapat menjalani proses migrasi dengan lebih lancar dan aman.
Jangan ragu untuk selalu memeriksa pembaruan aplikasi, mengikuti instruksi verifikasi dengan tepat, serta menghubungi call center atau Pusat Bantuan jika menemukan kendala.
Dengan demikian, pengalaman menggunakan Tring! by Pegadaian akan lebih nyaman dan mendukung kebutuhan finansial kamu sehari-hari.
Artikel Lainnya

Edukasi
Tring! by Pegadaian: Kenali Fitur Layanan & Keuntungannya
Tring! by Pegadaian hadir dengan fitur dan layanan unggulan yang mendatangkan berbagai keuntungan. Simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini!

Edukasi
Siapkan Dana Darurat Lewat Deposito Emas Tring! by Pegadaian
Deposito Emas di aplikasi Tring! by Pegadaian menjadi solusi pilihan untuk menyiapkan dana darurat. Yuk, simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini!

Edukasi
Inilah Cara Tring! by Pegadaian Jaga Keamanan Saldo dan Data Penggunanya
Apakah saldo Pegadaian Digital hilang setelah migrasi ke Tring! by Pegadaian? Simak cara mengecek saldo dan sistem keamanannya di sini!

Kenapa tombol untuk daftar maupun masuk tidak visa digunakan. Sementara sy sudah coba berulang Kali, install coba klik daftar/masuk ttp tidak bisa. Mohon bantuannya

Hai Winda L Lumbantobing, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, terkait kendalanya silakan dipastikan sudah mengikuti langkah berikut: 1. Pastikan menggunakan perangkat iOS minimal versi 15 dan jika Android minimal versi 8 2. Jaringan provider stabil dan tidak menggunakan Wi-Fi 3. Sudah clear cache aplikasinya dan ruang penyimpanan mencukupi 4. Dipastikan perangkat yang digunakan support untuk aplikasi Tring by Pegadaian 5. Jika masih tidak ada perubahan silakan dapat lakukan uninstall dan install aplikasi Tring! by Pegadaian kembali serta bisa mencoba dengan perangkat lain Apabila sudah mengikuti langkah tersebut namun masih terkendala, silakan dapat menghubungi kami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id agar dibantu pengecekan lebih lanjut. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Nuha

Bagaimana agar bisa akses tring tanpa harus mematikan opsi pengembang, karena saya selalu menghidupkan opsi pengembang.

Hai Fadli, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terkait akses aplikasi Tring! by Pegadaian disarankan untuk menonaktifkan opsi pengembang agar tidak terkendala ya. Jika nantinya masih terkendala, silakan dapat menghubungi kami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id agar dibantu pengecekan lebih lanjut. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Silma

Mengapa saya tidak bisa masuk atau daftar dengan aplikasi tring? Saya tidak bisa memilih menu apapun saat masuk ke aplikasi tersebut.

Hai Nidya, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas kendala yang dialami. Mohon mencoba secara berkala dan dipastikan dengan langkah yang disarankan. Beberapa diantaranya dipastikan perangkat yang digunakan support untuk aplikasi Tring! by Pegadaian, uninstall dan install aplikasi aplikasi Tring! by Pegadaian kembali, serta jika berkenan dapat mencoba melalui perangkat lain. Namun apabila masih terkendala silakan menghubungi melalui PEVITA (Pegadaian Virtual Assistant) di nomor WhatsApp 081111500569 dengan cara pilih menu utama kemudian pilih menu aduan (live agent) dan menginformasikan rincian kendala serta tangkapan layar kendalanya. -Sita

Mengapa tambah limit pinjaman tidak bertambah sedangkan harga emas naik

Hai Reni Eka Handayani, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf perihal nominal top up pinjaman nantinya sesuai dengan sisa limit pinjaman yang dimiliki. Apabila nominal pinjaman belum diambil secara maksimal dari nilai taksiran maka Sahabat dapat melakukan pengajuan top up pinjamannya ya. -Zelin

Saya mengalami kendala. Mengganti pasword. Baru. Tidak bisa masuk. Bisa dibantu terima kadih

Hai Cut Syarifah Anna Kasfi, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas kendala yang dialami. Kami informasikan untuk langkah-langkah reset password sebagai berikut : 1. Menunggu selama 60 menit (sesuai keterangan waktu di aplikasi Tring! by Pegadaian). 2. Buka aplikasi Tring! by Pegadaian. 3. Pilih lupa kata sandi. 4. Masukkan nomor telepon yang terdaftar dan mohon dipastikan nomor telepon masih aktif. 5. Pilih selanjutnya. 6. Masukkan kode yang dikirimkan ke nomor telepon seluler atau klik link yang masuk ke email (apabila kode OTP yang dimasukkan tidak valid, kami sarankan untuk tidak keluar dari halaman memasukkan OTP, lakukan pilih kirim ulang OTP, dan masukkan kembali OTP yang baru). 7. Lakukan perubahan password yang terdiri dari 8 karakter, kombinasi angka, huruf kapital, dan huruf kecil. Apabila masih terkendala silakan dapat mengirimkan tangkapan layar kendala yang dialami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Zelin

Hari ini jumat tgl 17 Oktober 2025 saya membeli emas di aplikasi Tring. Sudah saya bayar tetapi emas belum saya dapatkan atau belum masuk bagaimana cara solusinya

Hai Achmad Choironi, Sahabat Pegadaian. Jika saat ini terkendala Top Up Tabungan Emas namun saldo belum masuk ke aplikasi Tring! by Pegadaian, silakan dapat mengirimkan tangkapan layar kendala yang dialami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Zelin

Mengapa sejak aplikasi Pegadaian diganti Tring! Poin saya tidak bisa ditukarkan promo apapun??? Padahal masih sisa banyak.

Hai Sukamti, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas ketidaknyamananannya. Apabila saat ini terkendala dalam penukaran poin di aplikasi Tring! by Pegadaian silakan dapat menghubungi kami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. Nantinya akan dibantu informasikan lebih lanjut terkait kendala yang dialami. -Silma

saya sudah menginstall aplikasi TRING, tp begitu dibuka aplikasinya tidak bereaksi (seperti hang / freeze). mohon bantuannya. terimakasih

Hai Hilman, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas kendala yang dialami. Mohon mencoba secara berkala dan dipastikan dengan langkah yang disarankan. Beberapa diantaranya dipastikan perangkat yang digunakan support untuk aplikasi Tring! by Pegadaian, uninstall dan install aplikasi aplikasi Tring! by Pegadaian kembali, serta jika berkenan dapat mencoba melalui perangkat lain. Namun apabila masih terkendala silakan menghubungi melalui PEVITA (Pegadaian Virtual Assistant) di nomor WhatsApp 081111500569 dengan cara pilih menu utama kemudian pilih menu aduan (live agent) dan menginformasikan rincian kendala serta tangkapan layar kendalanya. -Sita

apakah membuat akun di tring pengadaian bisa 2 akun memakai ktp yang sama

Hai Sahabat. Tidak ya, registrasi di aplikasi Tring! by Pegadaian untuk 1 NIK KTP hanya saja akun saja. -Nala

Kenapa verifikasi wajah di aplikasi selalu gagal Padahal sebelumnya dipegadaiaan digital sudah punya akun. Semenjak berubah jadi trings ketika daftar ulang selalu gagal di verifikasi wajah

Hai Cahya, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas kendala yang dialami. Dipastikan untuk kendala verifikasi wajah mohon dipastikan ruangan dalam pencahayaan yang cukup, jika masih terkendala silakan dapat melakukan secara berkala 60 menit kedepan atau pada keesokan harinya dengan jaringan stabil. Apabila masih terkendala nantinya silakan dapat menghubungi kami melaluIi WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Zelin

Saya baru daftar tring ketika memasukkan alamat email dibawah nya ada kode affarel, apakah itu password email saya, tp huruf nya huruf besar semua ?

Hai Hilda Maela Shandi, Sahabat Pegadaian. Untuk kode referral berbeda dengan password maupun Email ya Sahabat. Kami informasikan untuk kode referral tersebut apabila saat ini Sahabat belum memiliki nya silakan dapat diabaikan saja ya. Untuk kode referral bisa didapatkan dari pengguna aplikasi Tring! by Pegadaian yang sudah melakukan registrasi ya Sahabat. Nantinya dapat dilihat pada menu “Program Referral”, lalu bisa bagikan kode referral untuk pengguna aplikasi Tring! by Pegadaian lainnya. -Mita

Saya diminta utk update aplikasi Tring ketika mau buka aplikasi ini. Ketika saya tekan tombol Update dan masuk ke Playatore, yg ada hanya tombol Uninstal dan Buka, tidak ada tombol Update. Ketika tombol buka ditekan, masuk lagi ke halaman Update Tring, dan begitu seterusnya sehingga saya tdk bisa buka aplikasi Tring ini. Ketika saya Uninstal dan kemudian Install ulang, tetap saja saya diminta utk Update aplikasi ini. Siklus ini berulang terus dan saya tetap tdk bisa buka Tring. Bagaimana solusinya? Mohon dibantu...

Hai Bobby Rama Sakti Siagian, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, untuk kendala pada aplikasi Tring by Pegadaian tersebut silakan dipastikan sudah mengikuti langkah - langkah berikut: 1. Menggunakan jaringan provider stabil dan tidak menggunakan Wi-Fi 2. Sudah clear cache aplikasinya dan ruang penyimpanan mencukupi 3. Dipastikan perangkat yang digunakan support untuk aplikasi Tring by Pegadaian 4. Jika masih tidak ada perubahan silakan dapat lakukan uninstall dan install aplikasinya kembali Jika sudah melakukan langkah tersebut namun masih terkendala, maka dapat melakukan login melalui perangkat lain dan dicoba berkala dengan dijeda waktu. Apabila masih saja mengalami kendala setelah mencoba berkala, silakan dapat menghubungi kami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id untuk pengecekan lebih lanjut. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Nuha
