SahabatPegadaian
  • Produk
  • Promo
  • Artikel
    • Emas
    • Inspirasi
    • Investasi
    • Keuangan
    • Wirausaha
  • Acara
  • Simulasi
    • Harga Emas Batangan
    • Simulasi Tabungan Emas
    • Simulasi Cicil Emas
    • Simulasi Gadai
  • Ebook
No Result
View All Result
Sahabat Pegadaian
  • Produk
  • Promo
  • Artikel
    • Emas
    • Inspirasi
    • Investasi
    • Keuangan
    • Wirausaha
  • Acara
  • Simulasi
    • Harga Emas Batangan
    • Simulasi Tabungan Emas
    • Simulasi Cicil Emas
    • Simulasi Gadai
  • Ebook
No Result
View All Result
SahabatPegadaian

5 Tahap Wajib Dilakukan Saat Memulai Usaha Dari Nol

Sahabat PegadaianbySahabat Pegadaian
2 November 2022
Tips Bangun Usaha Dari Nol

Halo, Sahabat

Pada artikel kali ini kita akan coba membahas bagaimana memulai bisnis kecil dari nol. Barangkali sebagian dari kita ada yang baru mau membuka usaha kecil-kecilan namun masih bingung terkait ide bisnis dan berbagai kendala pada prosesnya. Ada beberapa hal yang sepertinya menarik untuk kami bagikan disini. Nah, simak cara dan tips membangun usaha dari nol ini sampai selesai, agar bisnismu tidak terjebak dalam pasar yang sudah mengalami kejenuhan.

 Ini dia 5 tahapan yang perlu Sahabat aplikasikan saat akan membuka usaha dari nol

Tahap 1 Tentukan Konsep Bisnis

Yang pertama kali perlu kita lakukan adalah menentukan ide atau konsep dari sebuah bisnisnya terlebih dahulu. Pada tahap mencari ide ini, terdapat 2 hal sederhana yang bisa kita cermati. Antara lain:

1. Kebutuhan dari pasar

2. Faktor kelangkaan

Terdengar sepele, namun banyak orang yang tidak memperhatikan 2 hal itu tadi saat berencana membuka usaha. Padahal model bisnis yang laku itu karena telah memenuhi 2 kriteria sederhana di atas.

  •  Kebutuhan Pasar

Mengamati dan memahami kebutuhan pasar dapat mengarahkan kita pada jenis usaha apa yang bakal mendatangkan cuan. Jangan sampai apa yang kita upayakan ternyata tidak ada nilainya, tidak ada yang membutuhkan, atau tidak relevan dengan kondisi dan keinginan konsumen.

  •  Kelangkaan

Selanjutnya adalah perhatikan seberapa banyak ‘pemain lain’ yang menawarkan produk atau jasa yang sama. Jika ternyata belum banyak pelaku usaha yang bermain disana, maka artinya itu adalah peluang yang bagus untuk membangun bisnis yang berkarakter kuat.

Tahap 2 Tentukan Target Konsumen

Tahap ini adalah yang menentukan kira-kira siapa saja yang bakal beli produk atau jasa kita. Ketahui target konsumen kita dengan mengukur:

1. Kisaran usia berapa yang akan membeli produk kita?

2. Kemampuan daya beli konsumen terhadap produk?

3. Kira-kira akan banyak dari pria atau wanita yang akan beli produk kita?

4. Dalam situasi apa konsumen mau beli produk kita?

5. Segmen pasar kelas menengah atas atau menengah bawah yang akan beli produk kita?

6. Apakah konsumen akan membeli produk tersebut hanya pada waktu tertentu saja atau akan rutin membelinya?

Mengenal siapa konsumen kita adalah tahap penting yang jadi pondasi brand dan produk kita.

Tahap 3 Utamakan Kepuasan Konsumen

Fokus dalam melayani konsumen dan memastikan mereka puas atas produk dan jasa kita ini penting sekali sebab bisa menentukan akan seberapa lama bisnis kita berjalan. Istilahnya akan percuma jika kita punya barang bagus namun buruk dalam pelayanan. Niscaya, konsumen akan kabur  jika pelayanan kita tidak memuaskan sama sekali. Ini berlaku bagi seluruh pelaku usaha, baik skala menengah, kecil, atau bahkan skala mikro sekalipun. Kepuasan konsumen bisa diraih mulai dari keramahan kita, produk yang selalu ready, respon yang cepat dalam menanggapi permintaan atau chat dari pelanggan dan lain sebagainya.

Tahap 4 Perhitungan Keuangan

Selanjutnya adalah memastikan proses diatas tadi berjalan dengan perhitungan keuangan yang masuk akal. Pada tahap ini kita sudah mulai memikirkan strategi jangka panjang. Setiap bisnis memiliki rencana keuangan yang berbeda satu sama lain. Sebuah usaha konvensional tentu akan berbeda dari sisi perencanaan keuangan dengan jenis usaha startup digital, akan tetapi sama-sama harus memiliki perhitungan keuangan yang baik dan menjaga cashflow yang sehat.

Tahap 5 Membangun Brand

Sisi keunikan ataupun keunggulan dari produk kita yang tidak dimiliki oleh pemain lain bakal membuat brand kita kuat. Hal pertama yang yang harus dilakukan ketika sahabat ingin membangun brand adalah memunculkan keunikan yang tidak dimiliki oleh brand lain yang sejenis. Anggap saja, sahabat mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri “apa yang membuat saya membeli produk yang saat ini saya gunakan padahal ada banyak produk sejenis di pasaran?” bisa dengan produk yang lebih berkualitas, atau harga yang lebih murah dengan kualitas yang sama bagusnya dari kompetitor, atau juga pelayanan yang lebih cepat dari kompetitor. Nah, itu bisa menjadi pembeda bagi brand kita terhadap brand kompetitor.

Jika sahabat menemukan kendala mengenai modal yang perlu ditambah terkait dengan membangun brand agar lebih mumpuni, sahabat bisa coba manfaatkan layanan gadai dari pegadaian. Bisa dengan Gadai Elektronik hingga Gadai Kendaraan di Pegadaian untuk menopang bisnis yang sedang dirintis oleh sahabat.

Semoga artikel ini mampu memberi inspirasi bagi kita semua. Salam sukses selalu.

Komentar

0

Bagikan

Share on FacebookShare on Twitter

Informasi Lainnya

Related Posts

Ini Dia, 7 Ide Peluang Bisnis Bagi Mahasiswa

Ini Dia, 7 Ide Peluang Bisnis Bagi Mahasiswa

26 Desember 2022
5 Alasan Bisnis UMKM-mu Sulit Maju

5 Alasan Bisnis UMKM-mu Sulit Maju

24 November 2022
7+ Masalah Keuangan UMKM yang Sering Dijumpai, Plus SOLUSI

Pengertian Hukum Bisnis, Tujuan, dan Fungsinya

24 Mei 2022

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post
Emas VS Crypto

Investasi Emas VS Crypto. Mana yang lebih menguntungkan?

Pegadaian Wujudkan Mimpi

Wujudkan Mimpi ala One Piece Dengan Konsep Infinite Mindset

Tautan Cepat

  • Produk
  • Promo
  • Artikel
  • Acara
  • Simulasi
  • Ebook

Bantuan

  • Syarat dan Ketentuan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

Download Pegadaian Digital

PT Pegadaian terdaftar dan diawasi oleh OJK


Kantor Pusat Pegadaian

Jl. Kramat Raya 162 Jakarta Pusat 10430
Indonesia
phone 021 3155 550
021 8063 5162

Ikuti Media Sosial Kami

Copyright © 2022 PT Pegadaian. All Rights Reserved.

No Result
View All Result
  • Produk
  • Promo
  • Artikel
    • Emas
    • Inspirasi
    • Investasi
    • Keuangan
    • Wirausaha
  • Acara
  • Simulasi
    • Harga Emas Batangan
    • Simulasi Tabungan Emas
    • Simulasi Cicil Emas
    • Simulasi Gadai
  • Ebook