5 Langkah Wajib dalam Mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah

Seorang enterpreneur pastinya ingin bisa membangun sebuah usaha yang besar dengan nilai omset yang tinggi. Namun bagaimana pun, sesuatu yang besar selalu diawali dengan langkah-langkah kecil, termasuk memulainya dengan membangun sebuah usaha kecil dan menengah. Untuk bisa berkembang pesat, usaha kecil dan menengah atau UKM harus mampu melakukan tata kelola usaha yang baik. Berikut ini adalah lima langkah wajib yang perlu dilakukan UKM, jika ingin usahanya berkembang dan memiliki daya saing yang tinggi.
1. Minimalisasi Jumlah Pengeluaran
Hal pertama yang harus diperhatikan untuk bisa mengembangkan usaha kecil dan menengah adalah mengenal dengan baik “dapur perusahaan” atau kondisi keuangan yang sedang berjalan. Kondisi keuangan yang sehat, bisa menuntun perusahaan untuk berkembang lebih baik. Pastikan jumlah pemasukan yang ada lebih besar daripada jumlah pengeluaran usaha. Biasanya, angka pengeluaran yang cukup besar dalam sebuah usaha adalah biaya operasional. Dan cara paling efektif untuk menekan pengeluaran perusahaan adalah melakukan berbagai efisiensi, mulai dari dari pengetatan biaya modal, memperpendek jalur distribusi, hingga pembatasan jumlah SDM.
2. Ikuti Perkembangan Teknologi
Teknologi memiliki kemampuan mengefektifkan proses produksi dan memperpendek rantai distribusi. Melalui teknologi berbagai pekerjaan bisa ditangani secara lebih efektif, sehingga biaya produksi bisa lebih ditekan dan perputaran modal bisa berjalan lebih cepat. Ukm-ukm harus mau membuka diri dan memperluas wawasan dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang ada. Lihatlah bagaimana belakangan ini start up- startup bisa begitu cepat berkembang. Dengan mengoptimalkan teknologi, mereka mampu mengalahkan laju usaha kecil menengah, yang bertahan dengan gaya bisnis konvensional. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi yang bisa dilakukan oleh pemilik usaha adalah dengan melakukan pemasaran produk atau jasa secara online. Akses internet yang mudah dan murah, bisa dimanfaatkan sebagai media promosi dan menjaring sebanyak mungkin relasi dan calon konsumen.
3. Tentukan Harga secara Tepat
Penentuan harga juga jual produk atau jasa harus menjadi pertimbangan yang serius saat ingin mengembangkan usaha kecil dan menengah. Penetapan ini berkaitan dengan dengan segmen pasar yang menjadi target pemasaran. Sebelum menentukan harga, pastikan untuk menganalisis kualitas produk dan melakukan survei terhadap harga produk atau jasa serupa yang dimiliki oleh kompetitor.
4. Pertahankan atau bahkan Tingkatkan Kualitas Produk
Produk yang dipasarkan, baik berupa barang atau jasa, tentunya harus memiliki kualitas yang terjaga. Jangan sampai Anda memberikan produk dengan kualitas yang asal-asalan kepada konsumen. Hal ini akan sangat berdampak buruk pada perkembangan usaha. Ingat, seorang konsumen yang puas tidak akan segan-segan merekomendasikan barang atau jasa Anda kepada teman dan saudaranya.
5. Pencatatan keuangan yang baik
Pencatatan keuangan memang terlihat sepele. Namun, hal ini bisa berdampak sangat besar terhadap perkembangan usaha. Dokumentasi keuangan akan memberikan banyak data penting yang bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi saat akan mengambil sebuah keputusan. Di waktu yang sama, pencatatan keuangan akan sangat berguna saat Anda ingin mengajukan modal usaha ke bank atau investor. Demikian tadi langkah-langkah yang bsia dilakukan Unit Usaha Kecil dan Menengah untuk dapat mengembangkan usahanya agar menjadi semakin besar. Yuk, lakukan pembenahan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik di masa depan!
Artikel Lainnya

Wirausaha
Memahami Peraturan Pajak Bagi UKM
Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia menjadi salah satu penggerak perekonomian di Indonesia. UKM menyumbang 60% dari Product Domestic Bruto (PDB) dan juga membuka lahan pekerjaan bagi masyarakat. Beberapa jenis bisnis UKM cukup menjanjikan bagi para pelakunya. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, bisnis UKM yang dijalankan bisa sangat menguntungkan.

Wirausaha
12 Ciri-ciri Seorang Wirausahawan yang Menginspirasi
Wirausahawan memiliki karakteristik yang membuatnya bisa bertahan di tengah kompetisi di pasar. Yuk, cari tahu ciri-ciri seorang wirausahawan di sini!

Wirausaha
Cara Mendapatkan Pendanaan untuk Bisnis Modal Kecil
Bisnis modal kecil menjadi keinginan mereka yang ingin cepat-cepat membuka usaha atau menjadi enterpreneur. Bisnis menjadi mimpi banyak orang sekarang ini. Namun bagaimana dengan pencarian modal untuk pendanaan? Berbagai inovasi bisnis kian ramai dan semakin gesit mencari celah dalam roda perekonomian, mulai dari bisnis rumahan, startup, hingga berbagai industri kreatif lainnya. Sekarang ini, modal bukan […]