Apa itu Birokrasi? Definisi, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya

Oleh Sahabat Pegadaian dalam Wirausaha

09 February 2025
Bagikan :
image detail artikel

Birokrasi adalah sistem administrasi yang digunakan dalam pemerintahan dan struktur organisasi untuk memastikan pengelolaan secara efisien.

Dengan adanya birokrasi, setiap kebijakan dan keputusan dapat dijalankan secara sistematis melalui prosedur yang telah ditetapkan.

Mari pahami lebih lanjut tentang pengertian, tujuan, serta jenis-jenis birokrasi melalui ulasan di bawah ini.

Pengertian Birokrasi

Birokrasi adalah istilah yang cukup umum terdengar. Meski begitu, beberapa orang mungkin belum memahami secara mendetail mengenai tujuan, jenis, hingga contoh penerapannya.

Secara umum, birokrasi adalah istilah yang mengacu pada organisasi yang kompleks dengan sistem atau proses berlapis-lapis, serta bersifat hierarki.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), birokrasi adalah sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah karena telah berpegang pada hierarki dan jenjang jabatan.

Sementara itu, para ahli juga menyebutkan definisi birokrasi sebagai berikut:

  • Max Weber (ahli politik dan sosiolog Jerman): Birokrasi adalah tipe organisasi yang penerapannya berkaitan dengan tujuan yang akan dicapai.
  • Fritz Morstein Marx (Ilmuwan politik dan administrasi Jerman-Amerika): Birokrasi adalah jenis organisasi yang umumnya digunakan pemerintahan modern untuk menjalankan tugas yang sifatnya spesialis serta dilakukan oleh aparatur pemerintah dalam suatu sistem administrasi. 


Ciri-Ciri Birokrasi

Adapun beberapa ciri birokrasi yang disampaikan oleh Max Weber adalah sebagai berikut:

  • Terdapat derajat spesialisasi atau pembagian tugas yang jelas.
  • Terdapat struktur kewenangan yang berjenjang dengan pembagian tanggung jawab yang terdefinisi dengan jelas.
  • Interaksi antaranggota bersifat formal dan tidak didasarkan pada hubungan pribadi.
  • Proses perekrutan atau pengangkatan pegawai dilakukan berdasarkan keterampilan dan kompetensi teknis.
  • Terdapat pemisahan yang jelas antara kepentingan dinas dan urusan pribadi untuk memastikan efektivitas dalam pelaksanaan tugas.

Tujuan Birokrasi

Tujuan utama birokrasi adalah menjalankan administrasi dan pelayanan publik dengan adanya kerja sama antarlembaga. Adapun beberapa fungsi birokrasi adalah sebagai berikut:

  • Melaksanakan program tertentu guna mencapai visi dan misi pemerintahan.
  • Memberi pelayanan yang sesuai standar kepada seluruh aspek masyarakat.
  • Mewujudkan pembangunan secara merata.
  • Memberikan kemudahan untuk masyarakat dalam menerima pelayanan dan perlindungan hal.

Jenis-Jenis Birokrasi

Di Indonesia, birokrasi dibedakan menjadi tiga bagian. Berikut masing-masing penjelasannya:

1. Pemerintahan Umum

Pemerintahan umum adalah sistem organisasi yang bertugas menjalankan fungsi pemerintahan secara menyeluruh.

Tugas utamanya lebih berfokus pada aspek regulasi atau pengaturan, seperti menjaga ketertiban dan keamanan

2. Pembangunan

Birokrasi pembangunan adalah sistem pemerintahan yang mempunyai tugas lebih spesifik dalam mewujudkan tujuan pembangunan masyarakat.

Jenis birokrasi ini berfokus pada fungsi regulasi atau pengaturan di berbagai sektor, seperti pendidikan, kesehatan, industri, dan pertanian.

3. Pelayanan

Birokrasi pelayanan merupakan sistem organisasi pemerintahan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Fungsi utamanya adalah memberikan layanan publik, seperti pembuatan KTP, pengurusan paspor, dan administrasi lainnya.

Baca juga: Subsidi: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Dampaknya

Jenis Birokrasi di Amerika Serikat

Sebagai informasi tambahan, berikut adalah jenis-jenis birokrasi yang berjalan di Amerika Serikat:

  1. The cabinet departments: Peran utama birokrasi ini adalah menjalankan serta mengeksekusi kebijakan yang telah ditetapkan oleh lembaga yudikatif dan eksekutif. Di Indonesia contohnya termasuk departemen kesehatan, pertahanan, pendidikan, dan lainnya.
  2. Federal agencies: Birokrasi ini berperan sebagai perpanjangan tangan lembaga eksekutif yang menangani tugas-tugas khusus secara spesifik. Meskipun Indonesia bukan negara federasi seperti Amerika Serikat, beberapa contoh lembaga dengan fungsi serupa di Indonesia adalah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
  3. Federal corporation: Birokrasi ini berperan sebagai pendukung pemerintah sekaligus lembaga yang berorientasi pada keuntungan. Di Indonesia, contohnya adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).
  4. Independent regulatory agencies: Birokrasi ini beroperasi di luar struktur pemerintahan langsung, namun tetap merupakan bagian dari alat kelengkapan negara. Contoh lembaga independen di Indonesia adalah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Contoh Birokrasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Untuk memudahkanmu dalam memahaminya, berikut adalah gambaran contoh birokrasi dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mengurus Visa dan Paspor

Proses birokrasi dalam mengurus visa dan paspor melibatkan berbagai tahapan, mulai dari pengajuan permohonan, verifikasi dokumen, pembayaran biaya administrasi, sampai persetujuan.

Birokrasi ini bertujuan untuk memastikan identitas pemohon dan kepatuhan pemohon terhadap regulasi imigrasi. Setiap negara biasanya memiliki birokrasi yang berbeda dalam hal ini.

2. Pengajuan Izin

Birokrasi pengajuan izin merupakan proses administratif yang harus dilalui individu atau organisasi untuk memperoleh persetujuan resmi dari pemerintah atau lembaga terkait yang melibatkan berbagai tahapan.

Jenis izin yang diajukan dapat beragam, mulai dari izin usaha, izin mendirikan bangunan (IMB), hingga izin lingkungan.

3. Pendaftaran Kendaraan 

Birokrasi pendaftaran kendaraan adalah proses administratif yang harus dilakukan pemilik kendaraan untuk mendapatkan legalitas resmi dari pemerintah.

Proses ini meliputi pengajuan dokumen, verifikasi data, pembayaran pajak dan biaya administrasi, sampai penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Itu dia penjelasan mengenai apa itu birokrasi, mulai dari tujuan hingga contohnya. Tidak selamanya birokrasi menyulitkan kebutuhanmu.

Jika kamu membutuhkan pinjaman dengan birokrasi yang mudah untuk pengembengan usaha, jangan ragu untuk memilih Pinjaman Usaha dari Pegadaian.

Pinjaman Usaha dari Pegadaian menyediakan proses pengajuan kredit serta persyaratan yang mudah dengan cicilan tetap per bulan.  

Tertarik mengajukan Pinjaman Usaha? Segera lengkapi persyaratannya dan ajukan langsung dengan mengunjungi kantor cabang Pegadaian terdekat.

Yuk, ajukan pinjaman mudah dan praktis untuk memenuhi kebutuhan usaha melalui Pinjaman Usaha di Pegadaian!

Baca juga: Liabilitas: Pengertian, Jenis, dan Cara Menganalisisnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email kamu tidak akan terlihat oleh pengunjung lain.
Komentar *
Nama*
Email*
logo

PT Pegadaian

Berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Ikuti Media Sosial Kami

Pegadaian Call Center

1500 569

atau 021-80635162 & 021-8581162


Copyright © 2024 Sahabat Pegadaian. All Rights Reserved