Apa Itu Tring! by Pegadaian? Kenali Fitur dan Kelebihannya

Pegadaian sebagai Lembaga Jasa Keuangan (LJK) senantiasa berusaha untuk berinovasi dalam menyediakan layanan guna memenuhi kebutuhan finansial masyarakat yang dinamis.
Hal tersebut terwujud dengan hadirnya Tring! by Pegadaian yang baru saja diluncurkan sebagai hasil rebranding dari aplikasi Pegadaian Digital pada tanggal 08 Oktober 2025, di Ballroom Gade Tower, Jakarta.
Perubahan ini membawa tampilan baru, fitur yang lebih lengkap, serta peningkatan keamanan untuk memberikan pengalaman transaksi online yang lebih nyaman dan terjamin.
Bukan hanya itu, kelola emas di Pegadaian maupun Pegadaian Syariah , kini juga dapat diakses dalam satu aplikasi.
Peluncuran Tring! juga menjadi momen penting yang diresmikan langsung oleh Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan, bersama CEO Group BRI Hery Gunardi, Komisaris PT Pegadaian Sudarto, serta Wakil Direktur Utama PT Pegadaian Budi Wahju Soesilo.
Kehadiran face of brand Tring!, Isyana Sarasvati, turut menyemarakkan acara dengan membagikan pandangannya tentang investasi yang kini telah menjadi bagian dari gaya hidup generasi muda.
Semua keunggulan tersebut terangkum dalam berbagai fitur Tring! by Pegadaian yang akan dibahas lebih lanjut dalam ulasan berikut.
Apa Itu Aplikasi Tring! by Pegadaian?
Tring! by Pegadaian adalah platform keuangan digital terbaru yang dikembangkan oleh Pegadaian untuk memudahkan akses penggunaan berbagai kebutuhan finansial dalam satu genggaman.
Aplikasi ini menyediakan jenis layanan konvensional dan syariah sekaligus. Melalui aplikasi ini, kontrol atas pemenuhan kebutuhan finansial sepenuhnya ada di tangan pengguna.
Cukup dengan satu langkah registrasi, pengguna dapat menikmati manfaat dan kemudahan transaksi keuangan secara digital.
Lebih dari sekadar aplikasi, Tring! by Pegadaian membawa pengalaman seamless bagi pengguna.
Dengan konsep "1 User ID, Semua Kebutuhan", registrasi dan verifikasi data cukup dilakukan dalam satu langkah, sehingga lebih hemat waktu dan memudahkan akses ke beragam layanan.
Direktur Utama Pegadaian, Damar Latri Setiawan, menegaskan komitmen perusahaan untuk terus menghadirkan kenyamanan bertransaksi bagi nasabah. “Pegadaian menempatkan keamanan sebagai prioritas utama. Aplikasi Tring! memastikan keamanan data nasabah terjamin dan aset emas yang dimiliki nasabah dijamin fisiknya serta tersimpan dengan standar keamanan terbaik,” jelasnya pada acara perilisan aplikasi tersebut.
Aplikasi digital ini menjadi solusi inovatif dan pilihan ideal bagi masyarakat untuk mengoptimalkan rencana keuangan di masa depan.
Fitur Aplikasi Tring! by Pegadaian
Tring! by Pegadaian menghadirkan berbagai fitur layanan finansial yang dapat menjawab kebutuhan pengguna yang dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store.
Setelah aplikasi selesai diunduh dan proses registrasi berhasil, kamu akan langsung disambut dengan menu utama Tring! by Pegadaian, seperti Investasi Emas, Gadai, hingga Pembiayaan.
Adapun fitur-fitur layanan di aplikasi Tring! by Pegadaian adalah sebagai berikut.
Investasi Emas
Layanan investasi emas yang tersedia di Tring! by Pegadaian adalah Tabungan Emas, Deposito Emas, dan Cicil Emas. Tabungan Emas adalah simpanan dalam bentuk emas dengan metode tabungan.
Kemudian, Cicil Emas memungkinkan sahabat mempunyai kepemilikan emas fisik walaupun dana belum memadai dengan skema cicilan.
Cicil Emas menyediakan fasilitas Cicil Tabungan Emas, Cicil Emas Batangan, serta Cicil Perhiasan yang mudah.
Sementara itu, Deposito Emas dapat menjadi pilihan bagi pemilik rekening Tabungan Emas yang ingin menambah profit dengan cara mendepositokan saldo Tabungan Emas. Nantinya , tambahan keuntungan yang didapatkan berupa imbal hasil tambahan gram emas.
Selain fitur-fitur di atas, tersedia pula layanan untuk memeriksa harga jual maupun beli emas terbaru yang dapat dipantau secara akurat dan real time. Tidak hanya memeriksa harga, pengguna juga dapat langsung melakukan transaksi melalui fitur Jual-Beli Emas.
Melalui fitur tersebut, pengguna bisa memahami pergerakan harga emas untuk mengambil keputusan investasi dengan lebih bijaksana.
Gadai
Salah satu fitur Gadai yang tersedia dalam Tring! by Pegadaian adalah Gadai Tabungan Emas di mana sahabat menjadikan saldo Tabungan Emas sebagai agunan.
Melalui Gadai Tabungan Emas, sahabat tetap bisa memperoleh pinjaman dana cepat tanpa perlu menjual kepemilikan asetnya.
Selain itu, lewat dashboard Gadai kamu juga dapat memantau Gadai Aktif lengkap dengan tanggal jatuh temponya. Ada juga beberapa fitur lain yang dapat diakses dengan mudah, mulai dari Pengajuan Gadai, Bayar Gadai, Perpanjang Gadai, hingga Tambah Gadai.
Pembiayaan
Pada layanan ini, kamu dapat melihat total pembiayaan dan tagihan yang aktif dari berbagai layanan berikut ini:
- Cicil Emas.
- Bayar Pembiayaan.
- Pembiayaan Multiguna.
- Cicil Kendaraan.
- Wisata & Religi.
- Porsi Haji.
- Pembiayaan Usaha.
Baca juga: Kenali Cara Kerja dan Transaksi Deposito Emas di Pegadaian
Kelebihan Aplikasi Tring! by Pegadaian
Tidak hanya dilengkapi berbagai fitur dan layanan yang unggul, Tring! by Pegadaian juga hadir dengan tampilan lebih modern. Kemudian, terdapat beberapa kelebihan lainnya, antara lain:
1. Kemudahan dan Kecepatan Akses
Tring! by Pegadaian dirancang untuk dapat diakses oleh setiap pengguna kapan saja. Cukup unduh aplikasi mobile tersebut di Google Play Store atau App Store.
Melalui Tring! by Pegadaian, setiap pengguna bisa melakukan transaksi keuangan di beragam layanan tanpa proses yang rumit atau membutuhkan banyak waktu.
2. Ada Jaminan Fisik Emas
Meskipun simpanan emas berbentuk digital, aset yang dimiliki tersebut tetap dijamin sepenuhnya dalam bentuk fisik dengan standar keamanan terbaik.
Pegadaian menerapkan sistem 1:1, di mana setiap permintaan Cicil Emas maupun Tabungan Emas selalu diimbangi dengan persediaan emas fisik sesuai jumlah gram yang ditransaksikan.
Artinya, pengguna tidak perlu merasa ragu atau khawatir dan bisa bertransaksi secara nyaman di aplikasi Tring! by Pegadaian karena kualitasnya pun terjamin.
3. Beragam Fitur Layanan
Seperti yang telah dijelaskan, ada banyak ketersediaan fitur dalam Tring! by Pegadaian, seperti investasi emas lewat Tabungan Emas, top up saldo, dan jual emas,.
Setiap fitur memiliki fungsi dan kegunaan yang tidak sama. Pengguna bebas memanfaatkan ragam fitur layanan yang tersedia sesuai dengan kebutuhan finansial mereka.
4. Terdapat Banyak Pilihan Merek Emas
Tring! by Pegadaian menawarkan berbagai pilihan merek emas. Untuk Cicil Emas Batang, merek emas yang tersedia, yaitu:
- Galeri 24.
- Antam.
- Lotus Archi.
- UBS.
Merek-merek tersebut dapat dijadikan sebagai opsi ideal oleh setiap pengguna sesuai dengan kebutuhan maupun preferensi mereka.
5. Tersedia Berbagai Metode Pembayaran
Jika sebelum pada aplikasi sebelumnya terdapat fitur pembayaran G-Cash, kini Tring! by Pegadaian menonaktifkannya sementara dan menggantinya dengan beberapa alternatif. Pengguna tetap mendapat fleksibilitas untuk membayar tagihan lewat berbagai metode berikut:
- Agen Pegadaian.
- Pembayaran instan, mulai dari ShopeePay, OVO, GoPay, Blibli, LinkAja, dan DANA.
- Virtual account, seperti BCA, Mandiri, Maybank, dan BSI virtual account.
- Bayar di merchant, yaitu Indomaret dan Alfagroup.
6. Referral
Referral adalah program yang bisa memberikan kesempatan bagi sahabat untuk mendapatkan keuntungan, berupa diskon, poin, goldback, atau lainnya sesuai ketentuan.
Caranya, yakni dengan mengajak orang lain untuk mendaftar serta memanfaatkan layanan Tring! by Pegadaian menggunakan kode atau link referral miliknya.
7. Tukar Poin
Poin dalam Tring! by Pegadaian berbentuk reward yang didapatkan dari transaksi tertentu, seperti Beli Emas, Bayar Gadai, atau Pembiayaan.
Nah, poin reward tersebut bisa ditukar menjadi saldo Tabungan Emas untuk menambahkan keuntungan. Satu poin setara dengan Rp1,-.
8. Seluruh Layanan Berizin OJK
Tring! by Pegadaian adalah aplikasi finansial yang kini telah dapat dijalankan di seluruh Indonesia karena Pegadaian beroperasi atas izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Artinya, setiap transaksi yang dilakukan di aplikasi tersebut bisa sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk Lembaga Jasa Keuangan (LJK).
Dengan adanya Tring! by Pegadaian, perencanaan dan pengelolaan keuangan terasa lebih nyaman, praktis, cepat, efisien, serta terintegrasi.
Untuk pengalaman yang nyaman, gunakan perangkat yang kompatibel dan pastikan jaringan internet stabil. Jika ada kendala atau masukan terkait penggunaan aplikasi Tring! by Pegadaian, kamu dapat menghubungi call center kami lewat nomor 1500-569.
Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengunduh Tring! by Pegadaian dan nikmati pengalaman bertransaksi yang lebih nyata!
Baca juga: Investasi Emas Online: Cara Aman & Menguntungkan Lewat Tabungan Emas Pegadaian
Artikel Lainnya

Edukasi
Cara Mudah Beli Emas di Tring! by Pegadaian, Yuk Coba!
Beli emas sekarang bisa dilakukan di Tring! by Pegadaian. Yuk, intip bagaimana cara mengajukan pembukaan rekening dan top up saldonya di artikel ini!

Edukasi
Cara Daftar Akun Tring! by Pegadaian untuk Nabung & Cicil Emas
Pelajari cara daftar akun Tring! by Pegadaian untuk menabung dan mencicil emas, serta berbagai fitur dan layanan menarik lainnya. Simak panduannya di sini!

Edukasi
Tring! by Pegadaian: Kenali Fitur Layanan & Keuntungannya
Tring! by Pegadaian hadir dengan fitur dan layanan unggulan yang mendatangkan berbagai keuntungan. Simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini!

Plis, G-cash diadain lagi. Males ada biaya admin buat top up tabungan emas.

Hai Nazifpri Etrariadi, Sahabat Pegadaian. Terima kasih atas saran yang diberikan dan kami mengapresiasi aspirasi dari Sahabat. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Perihal tersebut akan kami koordinasikan ke tim terkait agar aplikasi Tring! by Pegadaian bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. -Sita

Iya min, tolong G-cash di adakan lagi untuk transaksi beli & jual emas karena lebih fleksibel dan murah...

Hai Robby, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, untuk saat ini fitur G-cash di aplikasi Tring! by Pegadaian sudah tidak bisa digunakan. Apabila memiliki saldo G-cash di aplikasi Tring! bisa dilakukan transfer sesuai dengan Bank G-cash nya. Kami sarankan untuk melakukan pembayaran transaksi menggunakan metode lain seperti Alfamart atau transfer Bank. -Puji

Sejak pindah ke Tring akhir September saya tidak bisa mengakses akun pegadaian digital saya karena sistemnya anjlok terus. Menyesal pindah ke Tring!

Hai Jujun NM, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas kendala yang dialami. Dipastikan untuk saat ini sudah melakukan registrasi pada aplikasi Tring! by Pegadaian ya. Terkait kendala akses mohon mengikuti pula langkah-langkah sebagai berikut : 1. Update aplikasi Tring by Pegadaian ke versi terbaru. Android dan IOS versi 7.0.2 2. Jaringan provider stabil dan tidak menggunakan Wi-Fi 3. Sudah clear cache aplikasinya dan ruang penyimpanan mencukupi 4. Dipastikan perangkat yang digunakan support untuk aplikasi Tring by Pegadaian 5. Jika masih tidak ada perubahan silakan dapat lakukan uninstall dan install aplikasinya kembali. Jika sudah melakukan langkah tersebut masih terkendala, maka dapat melakukan login melalui perangkat lain. Apabila masih terkendala silakan dapat menghubungi kami dengan mengirimkan tangkapan layar kendala yang dialami agar kami bantu pengecekannya melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email [email protected]. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Zelin

Bisakah memiliki rekening emas lebih dari 1 di tring

Hai Arif, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan bisa memiliki lebih dari satu rekening Tabungan Emas di aplikasi Tring! by Pegadaian. Ketentuannya satu CIF dapat memiliki 2 rekening Tabungan Emas. Semoga informasi ini membantu Sahabat. -Sita

Daftar tring pegadaian apa masih harus datang ke pegadaian buat bikin tabungan emas? Males banget mau ke pegadaian, lihat banyak ulasan buruk soal pelayanannya

Hai Indah, Sahabat Pegadaian. Saat ini bisa pembukaan Tabungan Emas secara online melalui aplikasi Tring! by Pegadaian. Silakan melakukan registrasi pada aplikasi Tring! by Pegadaian. Jika berhasil melakukan registrasi maka rekening Tabungan Emas akan otomatis terbentuk dengan saldo 0 gram dan masa berlaku hanya 3 bulan saja, jika tidak dilakukan transaksi maka Tabungan Emas akan otomatis tertutup. Dengan senang hati kami bantu informasikan jika saat ini baru menggunakan aplikasi Tring! by Pegadaian, silakan dapat melakukan registrasi terlebih dahulu dengan langkah-langkah berikut: 1. Silakan masuk di halaman utama, pilih Daftar 2. Baca dan centang ketentuan 3. Masukkan Nomor Handphone 4. Masukkan Kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone 5. Masukkan Email aktif 6. Cek dan Verifikasi Email yang dikirimkan ke email 7. Ambil Foto KTP (Pastikan perangkat mendapatkan cahaya yang cukup, dan KTP tidak rusak) 8. Isi Data Diri (Pastikan cek kembali data yang diisi sesuai dengan KTP) 9.Verifikasi Wajah (Pastikan wajah kamu terlihat jelas di kamera, tanpa masker atau aksesoris yang menutupi, langkah ini membantu kami menjaga keamanan akunmu.) 10. Buat User ID (Buatlah User ID yang unik dan mudah diingat, karena User ID tidak dapat diubah.) 11. Buat dan Konfirmasi Password 12. Buat dan Konfirmasi PIN (PIN akan digunakan untuk menjaga keamanan setiap transaksi) 13. Pilih Jenis Layanan (Syariah atau Konvensional) 14. Pilih Kantor Cabang terdekat dengan domisili 15. Pembukaan Rekening Tabungan Emas Berhasil dan silakan dapat login menggunakan user id dan password yang sudah. -Nala

Apakah bisa saya mau memindahkan pinjaman dari pembiayaan konvensional ke pegadaiaan apakah bisa ?

Hai Rusdi Agus, Sahabat Pegadaian. Jika yang dimaksud ingin melakukan pemindahan transaksi pembiayaan dari Pegadaian Konvensioanal ke Pegadaian Syariah maka transaksi tersebut tidak bisa dilakukan. Silakan melakukan pelunasan terlebih dahulu kemudian melakukan pengajuan ulang melalui Pegadaian Syariah tersebut. -Nala

Dulu setiap transaksi di aplikasi pegadaiaan saya melakukan pembayaran menggunakan G-Cash, dan masih ada saldonya di G-Cash, setelah aplikasi pindah ke Tring, saldo G-Cash tidak bisa utk pembelian emas, tidak bisa tarik tunai dan tidak bisa ditransfer ke rekening lain selain ke BRI, sedangkan saya tidak punya rekening BRI. Bagaimana ini solusinya?

Mohon maaf atas kendalanya kami bantu informasikan untuk fitur G-Cash dalam aplikasi Tring by Pegadaian tidak bisa digunakan sebagai metode pembayaran dan hanya untuk pencairan ke Rekening Bank pribadi, jika untuk melakukan pembayaran silakan menggunakan metode pembayaran lainnya. Apabila saat ini terdapat saldo pada G-cash yang masih tersedia dan sudah melakukan pembaharuan ke Aplikasi Tring!, maka silakan dapat melakukan penarikan saldo melalui metode transfer dana ke rekening Bank terkait (BRI & BNI sesuai VA Bank G-cash) dengan Pilih logo nama pada kiri atas > Keuangan > G-Cash > Pilih saldo G-Cash > Transfer. Apabila tidak memiliki Rekening Bank BRI maka silakan untuk membuat Rekening Bank BRI terlebih dahulu ya. -Mita

Saya baru saja membuat akun di aplikasi Tring! Di situ terlihat ada opsi "Ambil Fisik". Pertanyaan saya: kalau nasabah mau "Ambil Fisik", apakah emas fisik yg dikirimkan ke nasabah adalah emas dengan cap Antam atau yg bagaimana?

Hai Bandungman, Sahabat Pegadaian. Perihal cetak Tabungan Emas menjadi emas batangan dapat dilakukan melalui aplikasi Tring! by Pegadaian atau outlet Pegadaian terdaftarnya. Jika melalui aplikasi Tring! by Pegadaian, nantinya dapat melakukan cetak Tabungan Emas minimal 1 gram dengan merek yang tersedia Antam, UBS, Galeri 24 dan Lotus Archi dan menyisakan saldo mengendap 0,01 gram. Apabila melalui outlet Pegadaian terdaftar dapat membawa KTP beserta buku Tabungan Emas minimal cetak emas sebesar 1 gram ya. Dan kami informasikan mulai tanggal 25 Juni 2025 terkait Ambil Fisik Tabungan Emas dengan merek Logam Mulia Antam sedang ditutup sementara. Dikarenakan tingginya minat untuk melakukan proses cetak emas dengan merek Logam Mulia Antam. Silakan dapat memilih merek Galeri 24, UBS dan Lotus Archi yang tersedia di aplikasi Tring! by Pegadaian dan outlet Pegadaian. Untuk informasi lebih lanjut perihal Ambil Fisik Tabungan Emas, Sahabat dapat menghubungi kami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email [email protected]. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Puji

Silakan aktifkan g-cah kembali,,,malas biaya layannya,,,Nambah nambah biaya saja, biasanya pedagang bersyukur barang sudah untung dibeli, malah ditambah biaya lagi.

Hai Faja, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan terima kasih untuk saran yang diberikan. Semoga aplikasi Tring! by Pegadaian bisa memberikan pelayanan yang lebih baik ke depan. Salam sehat selalu Sahabat. -Sita

Saya mau gadai emas ga bisa dengan tulisan server internal kami eror

Hai Adi, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas kendala yang dialami. Untuk kendala di aplikasi Tring! by Pegadaian maka dapat mengikuti langkah - langkah berikut : 1. Update aplikasi Tring by Pegadaian ke versi terbaru. 2. Jaringan provider stabil dan tidak menggunakan Wi-Fi 3. Sudah clear cache aplikasinya dan ruang penyimpanan mencukupi 4. Dipastikan perangkat yang digunakan support untuk aplikasi Tring by Pegadaian 5. Apabila masih tidak ada perubahan silakan dapat lakukan uninstall dan install aplikasinya kembali. Jika tetap terkendala, silakan dapat menghubungi kami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email [email protected] untuk pengecekan lebih lanjut. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Puji

Mau gadai emas tabungan emas ga bisa dengan alesan server internal eror

Hai Adi, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas kendala yang dialami. Untuk kendala di aplikasi Tring by Pegadaian maka dapat mengikuti langkah - langkah berikut : 1. Update aplikasi Tring by Pegadaian ke versi terbaru. 2. Jaringan provider stabil dan tidak menggunakan Wi-Fi 3. Sudah clear cache aplikasinya dan ruang penyimpanan mencukupi 4. Dipastikan perangkat yang digunakan support untuk aplikasi Tring by Pegadaian 5. Apabila masih tidak ada perubahan silakan dapat lakukan uninstall dan install aplikasinya kembali. Jika kendala masih tetap terjadi, silakan dapat menghubungi kami melalui WhatsApp PEVITA dan melampirkan tangkapan layar kendalanya di nomor 0811-1150-0569 atau email [email protected] untuk pengecekan lebih lanjut. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Mita
