SahabatPegadaian
  • Produk
  • Promo
  • Artikel
    • Emas
    • Inspirasi
    • Investasi
    • Keuangan
    • Wirausaha
  • Acara
  • Simulasi
    • Harga Emas Batangan
    • Simulasi Tabungan Emas
    • Simulasi Cicil Emas
    • Simulasi Gadai
  • Ebook
No Result
View All Result
Sahabat Pegadaian
  • Produk
  • Promo
  • Artikel
    • Emas
    • Inspirasi
    • Investasi
    • Keuangan
    • Wirausaha
  • Acara
  • Simulasi
    • Harga Emas Batangan
    • Simulasi Tabungan Emas
    • Simulasi Cicil Emas
    • Simulasi Gadai
  • Ebook
No Result
View All Result
SahabatPegadaian

Mengenal Franchise atau Waralaba. Kenali Strateginya Agar Tetap Cuan!

Sahabat PegadaianbySahabat Pegadaian
7 Desember 2021
Strategi-Memilih-Franchise

Sahabat, tentu kita pernah mendengar atau bahkan sudah menjadi pelanggan setia McDonald? Ya, perusahaan McDonald adalah salah satu bentuk usaha waralaba terbesar yang sudah memiliki 9 juta gerai yang tersebar di seluruh dunia.  

Atau mungkin “Kopi Janji Jiwa” yang memiliki lebih dari 800 gerai di Indonesia.

Kedua merek dagang tersebut adalah contoh bisnis franchise atau waralaba yang sangat sukses.

Franchise yang dalam Bahasa Indonesia berarti waralaba. Terdiri dari dua suku kata yaitu Wara yang berarti lebih, dan Laba yang berarti untung. Maka dapat diartikan bahwa bisnis franchise adalah upaya dalam mengharapkan keuntungan lebih. 

Di dalam bidang franchise, ada dua istilah yang dikenal, yaitu Franchisor dan Franchisee. 

 Franchisor ini merupakan perseorangan atau badan usaha yang memberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan waralaba yang dimilikinya kepada penerima waralaba.

Franchisee ialah merupakan perseorangan atau badan usaha yang diberikan hak oleh pemberi waralaba untuk memanfaatkan atau menggunakan waralaba yang dimiliki. Untuk bisa mendapatkan hak waralaba, maka franchisee atau penerima waralaba wajib membayar sejumlah uang yang disebut dengan franchise fee. Dengan membayar franchise fee tersebut, maka penerima waralaba diberikan hak atas kekayaan hak intelektual serta segala produk dari suatu brand yang dimiliki franchisor.

Solusi Berbisnis Tanpa Repot

Di era seperti sekarang ini, bisnis waralaba merupakan salah satu usaha yang cukup digandrungi karena kemudahannya. Segala prosedurnya, mulai dari izin buka usaha, hingga skema penjualan sudah tersusun dengan rapi dan sistematis. Cara bisnis tersebut dianggap menjadi langkah yang tepat bagi calon pengusaha yang tidak berminat dalam membuat jenis usaha baru dari awal karena memiliki nilai risiko yang tinggi. Bagi kita pemilik modal namun tidak mengerti mengenai Branding, management, Human Resource,  promotions dan marketing,  maka bisnis waralaba ini adalah wadah yang tepat dalam berbisnis.

Namun dibalik kemudahan dan segala kepraktisannya, ada point-point yang perlu kita ketahui sebelum bergabung dalam skema bisnis tersebut. Kenali Franchisor terlebih dahulu. Apakah usahanya sudah berjalan selama paling tidak 5 tahun. Jika tidak demikian, besar kemungkinan induk usaha waralaba ini hanya bersifat BO (Business Opportunity) yang mana memiliki kelemahan seperti:

  1. Sistem belum teruji dalam kurun waktu 5 tahun, sehingga besar kemungkinan usaha seperti ini masih belum memiliki pola bisnis yang valid dan cenderung amburadul.
  2. Scale up terlalu masif dan cepat. Kurang dari 2 tahun sudah memiliki banyak gerai bukan berarti waralaba ini berpotensi sangat baik, namun bisa saja itu adalah bisnis yang dimulai dari coba-coba tanpa memperhitungkan risiko baik dari lokasi tempat bisnis hingga pemetaan promosi.

Jangan sampai kita terjebak di dalam bisnis “franchise” yang bukan “franchise”. Karena bisnis franchise yang sebenarnya adalah bisnis yang mutlak sudah terstandarisasi dari segala aspeknya.

Strategi Mengelola Franchise

Lalu bagaimana agar dapat bergabung dalam usaha waralaba atau franchise dan tetap menghasilkan cuan?

  1. Yang pertama adalah kenali calon Franchisor. Pelajari sistemnya apakah sudah terstandarisasi atau belum.
  2. Kedua, Pastikan produk yang dijual atau ditawarkan oleh calon franchisor memiliki daya tarik atau potensi laku dipasaran. Karena dalam hal ini tujuannya yaitu mencari cuan, bukan?
  3. Ketiga, pastikan lokasi yang akan dijadikan tempat usaha ini berada di area yang strategis atau paling tidak lokasinya tidak sulit  dijangkau, sehingga memudahkan calon pelanggan untuk dapat berkunjung ke tempat kita berjualan.
  4. Dan yang terakhir adalah pastikan memiliki modal untuk memulai membangun usaha waralaba.

Cara Mendapatkan Modal

Pegadaian siap membantu dalam mewujudkan mimpi Sahabat menjadi pengusaha waralaba. Di Pegadaian, Sahabat dapat mencoba Gadai Emas. Terdapat berbagai jenis produk yang dapat Sahabat pilih untuk mendapatkan uang dengan jaminan emas. Untuk informasi lebih lengkap, Sahabat dapat mengunjungi laman digital kami di https://sahabat.pegadaian.co.idemas/gadai-emas-berbagai-jenis-bisa-di-pegadaian 

Memulai bisnis tentunya dapat dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan franchise. Jika butuh modal untuk memulai franchise, Pegadaian adalah pilihan tepat dan cepat.

Komentar

0

Bagikan

Share on FacebookShare on Twitter

Informasi Lainnya

Related Posts

5 Langkah Memulai Karir Freelance

Mau Memulai Karir Freelance? Simak 5 Tips Ini

24 Januari 2023
Tingkatkan penjualan dengan teknik scarcity effect

ARTIKEL INI AKAN SEGERA DIHAPUS: Scarcity Effect Tingkatkan Penjualan

25 Desember 2022
5 Resep Olahan Mie Instan Peluang Cuan

5 Resep Olahan Mie Instan Peluang Cuan

25 Desember 2022

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post
Punya Rumah sebelum 30 Tahun

Rencana Emas Menabung Beli Rumah Sebelum 30 Tahun

kartu-emas

Kartu Emas Pegadaian, Cara Baru Transaksi Tabungan Emas

Tautan Cepat

  • Produk
  • Promo
  • Artikel
  • Acara
  • Simulasi
  • Ebook

Bantuan

  • Syarat dan Ketentuan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

Download Pegadaian Digital

PT Pegadaian terdaftar dan diawasi oleh OJK


Kantor Pusat Pegadaian

Jl. Kramat Raya 162 Jakarta Pusat 10430
Indonesia
phone 021 3155 550
021 8063 5162

Ikuti Media Sosial Kami

Copyright © 2022 PT Pegadaian. All Rights Reserved.

No Result
View All Result
  • Produk
  • Promo
  • Artikel
    • Emas
    • Inspirasi
    • Investasi
    • Keuangan
    • Wirausaha
  • Acara
  • Simulasi
    • Harga Emas Batangan
    • Simulasi Tabungan Emas
    • Simulasi Cicil Emas
    • Simulasi Gadai
  • Ebook