11 Cara Lengkap Bayar Gadai Secara Online Dari Rumah

Bagi Sahabat yang memiliki gadai di Pegadaian, Pegadaian memberikan berbagai pilihan bayar gadai baik secara online maupun datang langsung ke cabang Pegadaian terdekat. Tentu saja membayar gadai secara online lebih mudah dan efisien. Bahkan, bisa dilakukan dengan HP saja.
Terdapat berbagai keuntungan jika membayar gadai dan tagihan Pegadaian secara online, misalnya
- Transaksi nyaman secara real time.
- Bisa dilakukan dimana saja dengan proses yang mudah.
- Bisa membayar lebih dari satu tagihan.
Pegadaian yang sudah terintegrasi dengan begitu banyak layanan jasa e-commerce dan internet banking tentu saja semakin memanjakan kita dalam membayar angsuran Gadai.
Berikut cara bayar gadai secara online beserta langkahnya dan ragam aplikasi yang mendukung:
1.Lewat Aplikasi Pegadaian Digital
- Download aplikasi Pegadaian Digital di Play Store jika anda pengguna Android dan App Store jika anda pengguna iOS
- Daftar atau login aplikasi Pegadaian Digital
- Pilih menu Pembayaran & Top Up
- Pilih Bayar Gadai
- Pilih Jenis Kredit
- Lalu ikuti proses pembayaran hingga Selesai
2.Bank Mandiri
- Download aplikasi Livin’ by Mandiri
- Pilih menu Bayar dan Buat Pembayaran Baru
- Ketuk Multipayment
- Pilih penyedia jasa Pegadaian dan jenis transaksi
- Masukan nomor kredit yang tertera pada Surat Bukti Gadai (SBG) yang anda miliki
- Lanjutkan hingga Pembayaran
3.Bank BNI
- Buka aplikasi Mobile Banking BNI
- Masuk pada menu Pembayaran lalu pilih Pegadaian
- Pilih menu Nama Produk (transaksi yang ingin dilakukan)
- Masukan nomor kredit yang tertera pada Surat Bukti Gadai (SBG)
- Ketuk Lanjut untuk masuk ke menu Pembayaran
4.Bank BRI
- Buka aplikasi BRImo
- Ketuk menu Pembayaran lalu pilih Pegadaian
- Tentukan jenis transaksi
- Masukan nomor kredit yang tertera pada Surat Bukti Gadai (SBG)
- Lanjutkan hingga ke menu Pembayaran
5.Bank BCA
- Buka aplikasi BCA Mobile
- Pilih menu m-Transfer
- Pilih menu BCA Virtual Account
- Masukan kode berikut + nomor kredit
- Perpanjang Gadai : 22555 + nomor kredit
- Tebus Gadai : 22111 + nomor kredit
- Lanjutkan hingga menu Pembayaran
6.Tokopedia
- Masuk pada menu utama Tokopedia
- Pilih menu Top Up & Tagihan
- Ketuk Angsuran Kredit
- Cari Pegadaian pada menu Penyedia Layanan
- Tentukan transaksi yang akan dilakukan
- Masukan nomor kredit yang tertera pada Surat Bukti Gadai (SBG)
- Tagihan akan otomatis tertera pada layar lalu pilih Bayar
7.Shopee
- Masuk pada menu utama Shopee
- Pilih menu Pulsa, Tagihan & Hiburan
- Ketuk Angsuran Kredit
- Pilih Pegadaian dan juga transaksi yang ingin dilakukan pada menu Penyedia Pinjaman
- Masukan nomor kredit yang tertera pada Surat Bukti Gadai (SBG)
- Lakukan pembayaran
8.Aplikasi BukaLapak
- Buka aplikasi BukaLapak
- Pilih menu Tagihan kemudian Angsuran Kredit
- Pilih menu penyedia jasa Pegadaian
- Tentukan jenis transaksi yang akan dilakukan
- Lanjut hingga pembayaran
9.Website BukaLapak
- Buka browser pada laptop lalu ketik www.bukalapak.com dan login
- Pilih menu Pascabayar kemudian Angsuran Kredit
- Pilih penyedia jasa Pegadaian
- Tentukan jenis transaksi yang akan dilakukan
- Masukan nomor kredit yang tertera pada Surat Bukti Gadai (SBG)
- Lanjut hingga pembayaran
10.Link Aja
- Buka aplikasi Link Aja
- Pilih menu Lainnya, lalu pilih kategori Beli / Bayar Tagihan
- Pada menu Keuangan pilih Pegadaian
- Tentukan transaksi yang akan dilakukan
- Masukan nomor kredit pada bagian ID Pelanggan (Nomor Surat Bukti Gadai)
- Lanjutkan hingga Pembayaran
11.GoTagihan
- Buka aplikasi GoJek lalu pilih GoTagihan
- Pada bagian menu Pembayaran & Tagihan, pilih Pegadaian
- Tentukan transaksi yang akan dilakukan
- Masukan nomor kredit pada bagian ID Pelanggan (Nomor Surat Bukti Gadai)
- Lanjutkan hingga Pembayaran
Semua layanan tersebut dapat dilakukan hanya dengan menggunakan HP yang sedang kita miliki saat ini lho. Mudah kah?
Artikel Lainnya

Keuangan
Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar Tetap Hemat & Aman
Atur keuangan rumah tangga lebih bijak dengan 10 tips strategis ini. Mulai dari budgeting, menabung, hingga investasi emas yang aman di Pegadaian.

Keuangan
Ekonomi: Pengertian, Jenis, Sistem, & Ruang Lingkupnya
Ekonomi adalah ilmu mengkaji terkait usaha manusia dalam mencukupi keperluan hidup dalam sehari-hari. Yuk, cari tahu lebih dalam mengenai ekonomi di sini!

Keuangan
6 Peran Asuransi untuk Kestabilan Keuangan di Masa Depan
Asuransi berperan untuk menjagamu dari risiko tak terduga yang berdampak pada keuanganmu. Simak peran asuransi lainnya di sini!

saya mau bayar cicilan emas, katanya bisa di alfamart, tapi sy dtg ke alfa, katanya ga bs, trus saya coba ke BRI link, sama ga bisa, kata karyawan alfa masuknya ke menu menu mn, 2 karyawan ga bs

Hai Lia, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kami informasikan untuk pembayaran angsuran cicilan emas dapat melalui Alfamart ya, apabila petugas Alfamart tidak mengetahui terkait prosedur pembayarannya mohon dapat meminta petugas Alfamart untuk melakukan konfirmasi kepada pimpinan cabang Alfamartnya tersebut. Kami sarankan untuk melakukan pembayaran melalui metode lain pula seperti melalui kantor kantor cabang, aplikasi Pegadaian Digital, atau transfer Bank ya. -Silma

Saya mau tanya KLO mau cek barang sdh di lelang terus KLO mau tau ada sisa kembalian dana kelebihan dimna KLO kita mau tau cek

Hai Rahamd, Sahabat Pegadaian. Untuk pengecekan nominal sisa uang kelebihan bisa langsung ke cabang dengan membawa KTP dan Surat Bukti Kredit atau pengecekan melalui Customer Care kami via WhatsApp di nomor 081324432443 maupun melalui email kami di customer.care@pegadaian.co.id. -Fafa

Hai Rahamd, Sahabat Pegadaian. Untuk pengecekan nominal sisa uang kelebihan bisa langsung ke cabang dengan membawa KTP dan Surat Bukti Kredit atau pengecekan melalui Customer Care kami via WhatsApp di nomor 081324432443 maupun melalui email kami di customer.care@pegadaian.co.id. -Fafa

Saya hanya bayar bunganya via Livin untuk perpanjangan masa gadai, setelah dibayarkan langsung dapat notif tagihan lagi, apakah denda yg sudah terbayar sudah masuk sistem?

Hai Nia Chintya, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, apabila sudah melakukan pembayaran namun masih terdapat tagihan, perihal kendalanya akan kami bantu buatkan pelaporan. Silakan dapat menghubungi kami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Nuha

Mau tanya, untuk tgl jth tempo di September 2025, berarti saya perlu bayarkan bunganya tiap bulan jika belum bisa menebus ya? Dan apa betul menu untuk bayar bunga tersebut di mobile bca adalah perpanjang masa gadai ?

Hai Ayu, Sahabat Pegadaian. Apabila pinjaman dengan tenor 4 bulan, maka perihal pembayaran perpanjang dengan membayarkan nominal sewa modal atau bunga berjalan tidak harus dilakukan per bulan namun dapat dilakukan sewaktu - waktu sebelum jatuh tempo. Apabila melakukan pembayaran perpanjang (sewa modal ditambah biaya administrasi dan biaya lain jika ada) maka akan menambah jangka waktunya kembali sesuai dengan akad. Benar ya. Pembayaran melalui Mobile Banking BCA dengan memilih kode transaksi ulang gadai (22555) dan ditambah dengan 16 digit nomor kreditnya. Berikut langkah - langkah pembayaran perpanjang melalui Mobile Banking BCA selengkapnya : 1. Pilih M-transfer / transfer dana 2. BCA Virtual Account 3. Input kode transaksi (Mikro (22333) / Ulang gadai (22555) / Tebus (22111)) + Nomor kredit 4. Lakukan pembayaran 5. Terima bukti bayar -Silma

Hai Ayu, Sahabat Pegadaian. Apabila pinjaman dengan tenor 4 bulan, maka perihal pembayaran perpanjang dengan membayarkan nominal sewa modal atau bunga berjalan tidak harus dilakukan per bulan namun dapat dilakukan sewaktu - waktu sebelum jatuh tempo. Apabila melakukan pembayaran perpanjang (sewa modal ditambah biaya administrasi dan biaya lain jika ada) maka akan menambah jangka waktunya kembali sesuai dengan akad. Benar ya. Pembayaran melalui Mobile Banking BCA dengan memilih kode transaksi ulang gadai (22555) dan ditambah dengan 16 digit nomor kreditnya. Berikut langkah - langkah pembayaran perpanjang melalui Mobile Banking BCA selengkapnya : 1. Pilih M-transfer / transfer dana 2. BCA Virtual Account 3. Input kode transaksi (Mikro (22333) / Ulang gadai (22555) / Tebus (22111)) + Nomor kredit 4. Lakukan pembayaran 5. Terima bukti bayar -Silma

saya mau bayar gadai pake aplikasi pegadaian digital, namun nomor kredit gadai saya tidak muncul. bagaimana solusinya ?

Hai David M, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, mohon dipastikan sudah melakukan link CIF di aplikasi Pegadaian Digital serta nomor kredit tersebut belum memasuki tanggal jatuh tempo ya. Pembayaran melalui online seperti melalui aplikasi Pegadaian Digital dapat dilakukan maksimal 2 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Namun jika sudah link CIF dan belum memasuki tanggal jatuh tempo, silakan dapat menghubungi kami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id agar dapat kami bantu pengecekan lebih lanjut terkait kendalanya. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Nuha

Misalnya saya tebus gadai bayar via bank terus saya belum bisa mengambil barang yang saya gadai apakah bisa saya ambil sampai saya bisa ke pegadaian atau bisa dikirim kerumah Lewat kurir misalnya

Hai Angga, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan jika barang jaminan belum dilakukan pengambilan dan telah melebihi 10 hari sejak tanggal pelunasan maka akan dikenakan Jasa Titipan. Informasi lebih lengkapnya, silakan bisa konfirmasi ke outlet Pegadaian awal gadainya. Perihal pengambilan barang gadai silakan dilakukan secara mandiri di kantor cabang awal gadainya, jika transaksi dilakukan pada CP (Cabang Pembantu) silakan untuk datang langsung melakukan penebusan, namun jika transaksi dilakukan di UPC (Unit Pembantu Cabang) maka untuk pengambilan barang harus dilakukan konfirmasi terlebih dahulu maksimal 1 hari sebelumnya, dikhawatirkan untuk kesediaan barang yang tidak terdapat pada outlet tersebut dan barang masih terdapat pada kantor cabang utamanya, jika sudah melakukan pelunasan maka silakan melakukan konfirmasi pada kantor cabang terdaftarnya dan datang langsung dengan membawa KTP, Surat Bukti Kredit dan bukti transaksi pelunasan. -Sera

Saya mau tambah cicilan tapi lupa password pin atm BRi yang di buat di pegadaian

Hai Jessica, Sahabat Pegadaian. Apabila saat ini lupa PIN transaksi ATM BRI nya, silakan dapat melakukan reset PIN transaksi di kantor cabang BRI terdekat dengan membawa KTP, kartu ATM, dan buku rekening Banknya ya. -Silma

Saya mau bayar gadai via bca Mobile pada keterangan no. perusahaan tidak terdaftar?

Hai Kamti, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas kendala yang dialami. Mohon dipastikan data, langkah, dan ketentuan pembayaran online sudah sesuai ya Sahabat. Langkah pembayaran melalui mobile banking BCA sebagai berikut: 1. Pilih m-Transfer atau transfer dana. 2. Pilih BCA Virtual Account. 3. Masukkan kode transaksi (ulang gadai (22555)/tebus gadai(22111)) + nomor kredit. 4. Lakukan pembayaran. 5. Terima bukti bayar. Ketentuan pembayaran online adalah hanya dapat dilakukan maksimal 2 hari sebelum jatuh tempo. Apabila sudah jatuh tempo silakan pembayaran di cabang Pegadaian terdekat dengan membawa KTP dan Surat Bukti Gadai (SBG). Jika sudah lebih dari 4 hari setelah tanggal jatuh tempo hanya bisa di cabang Pegadaian awal gadai. Apabila masih terkendala, Sahabat bisa menghubungi Customer Care Pegadaian melalui PEVITA (Pegadaian Virtual Assistant) di nomor WhatsApp 081111500569 dengan cara pilih menu utama kemudian pilih menu aduan (live agent) dan menginformasikan rincian kendala serta tangkapan layar kendalanya. -Sita

Saya mau nanya, saya ingin perpanjang masa gadai saya di pegadaian via aplikasi tokopedia, apakah pilihan yg harus dipilih gadai ulang?

Hai Samuel, Sahabat Pegadaian. Benar ya Sahabat. Dapat kami informasikan untuk pembayaran melalui aplikasi Tokopedia silakan untuk mengikuti langkah-langkah berikut: 1. Buka Aplikasi / Web Tokopedia 2. Pilih menu utama 3. Pilih Top Up & Tagihan 4. Pilih Gadai Ulang 5. Pilih Pegadaian 6. Masukkan nomor kontrak 7. Lakukan pembayaran 8. Terima bukti bayar. -Zelin

saya mau membayar cicilan tapi atas nama ibu saya, tapi yg terdaftar di pegadaian digital atas nama saya, sebelumnya bisa bayar, tapi setelah ada perubahan aplikasi ke TRING! jadi tidak bisa, hanya cicilan gadai saya saja yg bisa, apakah ada solusinya? mohon bantuannya

Hai Jimmy Novian Hendarsin, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kami informasikan ketentuan pembayaran gadai di aplikasi Tring! by Pegadaian hanya bisa untuk nomor kredit milik nasabah terkait yang tertampil di menu gadai. Apabila berkenan bisa melakukan pembayaran diwakilkan dengan datang ke cabang Pegadaian membawa kelengkapannya seperti fotokopi KTP nasabah dan KTP asli yang mewakili serta Surat Bukti Gadai (SBG) yang asli. Semoga informasi ini membantu Sahabat. -Sita

Kak saya mau nanya saya ikut interview di pegadaian tapi registrasi untuk zoom nya berbayar kak apakah itu benar dari pegadaian??

Hai Naurah Halwa Zhafirah, Sahabat Pegadaian. Perihal informasi lowongan kerja tersebut merupakan penipuan ya. Dapat kami bantu informasikan terkait informasi lowongan kerja dapat membuka link berikut https://www.pegadaian.co.id/karir kemudian silakan untuk mencari posisi yang tersedia. Kemudian lengkapi dan ikuti langkah selanjutnya. Mohon berhati-hati terhadap lowongan kerja yang mengatasnamakan Pegadaian. Pegadaian tidak pernah bekerjasama dengan pihak travel manapun. -Zelin

Saya mau bayar cicilan gadai emas lewat mbanking Mandiri.. Apakah total tagihan nya akan muncul secara otomatis??

Hai Lilik, Sahabat Pegadaian. Benar Sahabat apabila melakukan cicil gadai melalui m-banking Mandiri maka tagihan akan muncul secara otomatis ya. Informasi syarat dan ketentuannya silakan menghubungi kami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Esmi

Mohon informasi kenapa mau bayar cicilan pegadaian lewat brimo, livin, bca mobile tidak bisa. Diaplikasi jawabannya diblokir oleh cso pegadaian. Dan bulan lalu kami bayar lewat kantor pas ditannggal jatuh tempo menurut pegagawainya jaringan rusan pagi , siang sampai sore dan akhirnya bayar besoknya dan kena denda 72.000. MOHON PENJELASAN NYA.TERIMAKASIH

Hai Olo Sinaga, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas kendala yang dialami. Apabila saat ini yang dimaksud pembayaran gadai secara online, Kami informasikan pembayaran online hanya dapat dilakukan H-2 sebelum tanggal jatuh tempo ya, pembayaran dapat dilakukan di outlet terdekat dengan estimasi 4 hari setelah tanggal jatuh tempo. Apabila sudah melebihi 4 hari pembayaran hanya dapat dilakukan di outlet terdaftar dengan membawa KTP dan Surat Bukti Gadai nya. Untuk pengecekan lebih lengkapnya silakan dapat menghubungi kami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. - Zelin
