Stakeholder Mapping: Tujuan, Cara Kerja, Cara Buat, & Contoh

Stakeholder mapping adalah teknik visualisasi yang membantu mengidentifikasi para pemangku kepentingan untuk mengenali posisi maupun pengaruh mereka.
Memahami lanskap yang kompleks ini sangat penting sebagai kunci untuk merumuskan kebijakan hubungan publik dan strategi manajemen bisnis proyek secara efektif.
Pasalnya, keberhasilan suatu proyek bisnis bergantung pada dukungan berbagai pihak terkait yang memiliki kepentingan beragam. Simak penjelasan lebih lanjut di artikel berikut.
Pengertian Stakeholder Mapping
Stakeholder mapping adalah proses mengidentifikasi, menganalisis, serta membuat representasi visual terhadap pemangku kepentingan mengenai suatu proyek atau inisiatif.
Pemangku kepentingan (stakeholder) ini bisa berupa individu, kelompok, atau organisasi yang berkepentingan maupun berpengaruh atas proyek/inisiatif tersebut.
Umumnya, stakeholder dibuat ketika hendak meluncurkan proyek dari awal, mengembangkan produk baru, dan diversifikasi ke pasar baru.
Cara kerjanya stakeholder mapping tidak terlalu sulit dipahami, yaitu dengan melakukan identifikasi dan analisis terhadap seluruh stakeholder.
Nantinya, stakeholder mapping bisa digambarkan dalam diagram atau matriks berbentuk 4 kuadran berdasarkan skala pengaruh dan minat stakeholder terhadap proyek.
Lalu, dibuat rancangan strategi komunikasi dan keterlibatan berbeda untuk setiap kuadran guna memastikan perhatian yang sesuai diberikan ke masing-masing kelompok.
Dalam praktiknya, terdapat beberapa tujuan stakeholder mapping yang utama, antara lain:
- Membantu memahami peran, pengaruh, dan kebutuhan setiap stakeholder sehingga bisa memberikan fokus yang lebih jelas pada proyek.
- Identifikasi potensi konflik sejak awal sehingga memungkinkan proses manajemen risiko dan meningkatkan hubungan kerja.
- Menentukan frekuensi dan strategi keterlibatan yang paling efisien pada setiap stakeholder.
- Mengembangkan strategi komunikasi yang efektif untuk setiap kelompok stakeholder agar hubungan terkelola dengan baik dan meminimalkan risiko miskomunikasi.
- Mendorong kerja sama dan memastikan bahwa setiap aspirasi dari stakeholder didengar.
Manfaat Stakeholder Mapping
Pada dasarnya, stakeholder mapping adalah bagian dari pendekatan strategis untuk mengidentifikasi stakeholder yang berpengaruh pada kesuksesan proyek.
Dengan memahami prioritasnya, maka organisasi bisa mengelola ekspektasi dan meminimalkan hambatan yang mungkin timbul sehingga mendorong proyek secara efisien.
Di samping itu, terdapat beberapa manfaat stakeholder mapping lainnya, yaitu sebagai berikut:
1. Memudahkan Penyusunan Strategi Stakeholder Management
Stakeholder mapping bisa dikatakan sebagai fondasi utama dalam menyusun strategi manajemen pemangku kepentingan menjadi lebih terstruktur.
Hal ini memudahkan setiap orang untuk memahami bagaimana cara mengelola dan memperhatikan masing-masing stakeholder.
2. Mengidentifikasi Kebutuhan dan Harapan Pemangku Kepentingan
Melalui pemetaan stakeholder, organisasi dapat mengetahui siapa yang memiliki pengaruh atau memberikan manfaat dan sumber daya lebih besar bagi proyek.
Dengan demikian, organisasi bisa melihat manakah stakeholder yang perlu mendapat perhatian khusus atau cukup dikelola menggunakan pendekatan lebih sederhana.
3. Meningkatkan Efisiensi Komunikasi dan Pengambilan Keputusan
Mengenali pemangku kepentingan dan pengaruhnya terhadap proyek memungkinkan organisasi mengambil keputusan secara bijaksana.
Pasalnya, keputusan yang diambil tentunya akan didasarkan pada pertimbangan dampak terhadap pihak-pihak terkait.
4. Mengklasifikasikan Stakeholder untuk Komunikasi yang Efektif
Pengelompokan yang jelas membuat organisasi lebih mudah dalam mengklasifikasikan stakeholder menurut kepentingan dan tingkat pengaruhnya.
Alhasil, komunikasi sekaligus pendistribusian informasi dapat dilaksanakan secara lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran.
5. Meminimalkan Risiko Konflik dan Hambatan Proyek
Stakeholder mapping dapat membantu proses identifikasi terhadap potensi dan merancang strategi manajemen konflik sejak awal.
Dengan begitu, proyek bisa dijalankan secara lancar dan tanpa adanya kendala atau hambatan yang berarti.
Baca juga: Business Model Canvas: Tujuan, Cara Membuat, & Contohnya
Cara Membuat Stakeholder Mapping
Secara umum, cara membuat stakeholder mapping melibatkan pendekatan terstruktur yang dapat diwujudkan melalui beberapa langkah berikut.
1. Identifikasi Seluruh Stakeholder
Biasanya, dalam suatu proyek terdapat banyak stakeholder, baik dari internal maupun eksternal. Pihak yang termasuk stakeholder internal, antara lain:
- CEO, COO, CTO, dan lain sebagainya.
- Manajer proyek, manager produk, dan lain-lain.
- Pemilik produk.
- Perancang.
- Penasihat internal, agensi, atau konsultan.
- Karyawan.
- Tim pengembang.
Sementara itu, orang-orang yang dapat disebut sebagai stakeholder eksternal, yaitu:
- Konsumen/pelanggan.
- Pejabat pemerintah.
- Supplier.
- Sponsor.
- Investor/pemegang saham.
- Klien.
- Kreditur.
- Anggora masyarakat.
Kumpulkanlah informasi mengenai semua pihak yang terlibat, memiliki pengaruh, minat, ekspektasi, dan kepentingan terhadap kesuksesan proyek.
Tujuannya adalah agar memudahkan proses identifikasi dan pemahaman terhadap seluruh pemangku kepentingan sehingga tahap manajemen stakeholder bisa dilakukan secara efektif.
2. Kategorikan dan Prioritaskan Stakeholder
Setelah seluruh stakeholder teridentifikasi, lakukan analisis mendalam karena tidak semuanya mempunyai skala pengaruh sama.
Cobalah mempelajari apa yang menjadi minat, keinginan, sekaligus kepentingan dari masing-masing pemangku kepentingan terkait proyek.
Kemudian, kelompokkan setiap stakeholder dalam kategori yang berbeda, seperti pengamat berdampak rendah atau pengambil keputusan dengan prioritas tinggi.
Dengan demikian, dapat diketahui manakah stakeholder yang harus diutamakan atau membutuhkan perhatian khusus karena tingkat kekuasaan dan pengaruhnya lebih tinggi.
3. Memetakan Hubungan Antarpemangku Kepentingan
Selanjutnya, buat visualisasi untuk memetakan hubungan antarpemangku kepentingan agar bisa mengenali stakeholder yang memiliki peranan kunci dan pengaruhnya pada pihak lain.
Pasalnya, beberapa stakeholder mungkin berwenang atas stakeholder lain. Mereka juga terkadang mempunyai kontrol sumber daya yang bergantung pada stakeholder lainnya.
4. Memahami Kebutuhan dan Harapan Stakeholder
Cara membuat stakeholder mapping lainnya, yaitu memahami sudut pandang mereka, termasuk kebutuhan dan harapannya.
Hal ini penting agar dapat menyelaraskan proyek sesuai harapan, membina hubungan yang lebih kuat, mengelola kekhawatiran secara proaktif, dan memastikan kelancaran kolaborasi.
Upaya konkret yang bisa dilakukan untuk mendengarkan kebutuhan dan harapan stakeholder adalah dengan mengadakan percakapan, wawancara, atau survei.
5. Mengembangkan Rencana Keterlibatan Stakeholder
Pada tahap ini, tentukan dan susun strategi yang tepat untuk memastikan stakeholder tetap terlibat serta terinformasi, baik melalui rapat, laporan, atau sesi interaktif.
Lalu, pantau rencana secara rutin, lakukan pembaruan berkala, serta terima feedback dengan terbuka demi menjaga hubungan dan dukungan jangka panjang untuk proyek.
Selain itu, pertahankan kemampuan beradaptasi agar bisa menanggapi setiap perubahan kebutuhan stakeholder dan hambatan yang mungkin muncul.
Rencana keterlibatan yang terstruktur dapat membuat komunikasi terjalin menjadi lebih efisien, efektif, dan bermakna.
Baca juga: 7 Cara Membuat Rencana Bisnis yang Efektif
Contoh Stakeholder Mapping
Terdapat banyak pemetaan pemangku kepentingan yang dibuat di dalam bisnis perusahaan atau organisasi. Adapun contoh stakeholder mapping adalah sebagai berikut.
1. Proyek Infrastruktur Publik
Dalam hal ini, badan pemerintah akan menggunakan stakeholder mapping untuk mengelola hubungan antara kontraktor dengan badan pengatur dan warga setempat.
Langkah tersebut memungkinkan adanya pelaksanaan proyek yang lancar dan penanganan masalah secara efisien.
2. Corporate Social Responsibility (CSR)
Stakeholder mapping sangat dibutuhkan ketika suatu perusahaan meluncurkan inisiatif corporate social responsibility yang baru.
Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi para pimpinan masyarakat, pelanggan, karyawan, dan pemerintah daerah yang tertarik atau terdampak proyek tersebut.
Dengan demikian, komunikasi dan ekspektasi bisa disesuaikan sehingga terjadi keselarasan antara semua pihak untuk pelaksanaan tujuan proyek.
3. Pengembangan Produk
Stakeholder mapping juga digunakan oleh perusahaan teknologi yang meluncurkan produk baru untuk memahami pengaruh tim internal, antara lain:
- Pemasaran.
- Penjualan.
- Penelitian dan pengembangan (litbang).
- Mitra serta pelanggan eksternal.
Selain itu, pemetaan juga memungkinkan untuk menyusun prioritas feedback dan memastikan produk memenuhi harapan stakeholder.
Secara keseluruhan, dapat dipahami bahwa stakeholder mapping adalah alat strategis untuk navigasi bisnis yang sukses dan bukan latihan teoritis semata.
Memahami siapa saja stakeholder dan pengaruhnya memungkinkan untuk membuat pilihan serta keputusan yang lebih terukur.
Pemetaan pemangku kepentingan dapat mengubah potensi konflik menjadi kolaborasi yang produktif. Dalam hal ini, kemitraan yang solid pun penting untuk mengelola keuangan.
Jika kamu membutuhkan dukungan finansial untuk mengatasi tantangan tidak terduga atau ekspansi bisnis, pertimbangkan layanan Pinjaman Usaha dari Pegadaian.
Produk pembiayaan ini bisa membantu kamu mendapatkan dana tambahan dengan jaminan BPKB kendaraan. Cicilannya bersifat tetap per bulan.
Permohonan Pinjaman Usaha dapat dilaksanakan langsung di kantor cabang Pegadaian terdekat. Selama proses, tim Pegadaian akan melakukan verifikasi dan suvei.
Setelah kebutuhan pinjaman disetujui, uang kredit bisa diterima nasabah secara tunai atau transfer. Kemudian, dilakukan kegiatan pendampingan selama masa kredit berlangsung.
Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kebutuhan dana usaha tambahan cepat dengan mengajukan Pinjaman Usaha di Pegadaian!
Baca juga: Contoh Proposal Bisnis untuk Investor dan Cara Membuatnya
Artikel Lainnya

Wirausaha
Berbisnis Sambil Berbagi
Bisnis akan lebih bermakna bila dibarengi dengan kegiatan berbagi. Itulah makna kisah bisnis yang akan menjadi topik kali ini. Butuh pengorbanan, keberanian, tindakan nyata, dan ketekunan untuk menapaki jalan bisnis yang dipilih. Diantara segelintir orang itu tercatat nama Muhammad Saleh. Sedari muda, pria kelahiran Sumedang, 28 Januari 1964 ini sudah memiliki cita-cita untuk merintis usaha […]

Wirausaha
Fungsi Hukum Bisnis: Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkupnya
hukum bisnis adalah aturan untuk melindungi serta mengatur pelaku ekonomi dalam kegiatan bisnis agar tetap aman, adil, dan tertib.

Wirausaha
5 Peluang Potensi Usaha yang Layak Buat Dicoba
Rekomendasi peluang usaha terbaru dan terlaris di tahun 2024. Jangan lewatkan potensi keberhasilan bisnis Anda dengan ide-ide usaha ini.
