Decoy Effect, Strategi Jitu Tingkatkan Penjualan

Oleh Sahabat Pegadaian dalam Inspirasi

28 October 2022
Bagikan :
image detail artikel

Halo, Sahabat
Pada artikel kali ini kita akan membahas soal salah satu strategi jualan yang terkesan ‘nyeleneh’ namun cukup ampuh untuk mempengaruhi konsumen saat membuat keputusan belanja. Uniknya lagi, strategi ini kerap kali tidak disadari oleh konsumen.
Apa, sih strateginya?
Strategi ini adalah dengan menawarkan produk yang sengaja dirancang atau dibuat agar produk yang ditawarkan itu tidak laku. Lho, kok begitu? Memangnya ada, ya, produk yang dibuat supaya tidak laku? Bukan kah jika pedagang membuat sebuah produk itu seharusnya bisa laku terjual?
Jawabannya, ada.
Produk yang dibuat tidak laku ini disebut dengan PRODUK DECOY. Ada juga yang menyebut dengan istilah Decoy Effect, Decoy Pricing dan Attraction Effect.
Menarik, ya, Sahabat? Kita simak bersama.


Apa Itu Produk Decoy?
Decoy Effect adalah satu fenomena dimana konsumen cenderung akan mengganti pilihan di antara 2 opsi jika diberikan pilihan ke 3 yang tidak seimbang. Maksudnya bagaimana? Mari kita beri contoh kasus agar mudah dipahami.
Anggap saja kita sedang mampir di sebuah kedai kopi. Disana kita ditawarkan produk yang antara lain, misal es kopi cup berukuran kecil dan cup ukuran besar. Untuk harga yang ukurannya kecil Rp.20,000 lalu cup berukuran besar Rp.35,000. Kebanyakan dari kita mungkin akan akan memilih gelas yang berukuran kecil saja, karena harga es kopi dengan cup berukuran besar menjadi terlihat sangat mahal. Nah, jika dilihat dari sudut pandang penjual, mereka ingin juga es kopi yang berukuran besar sama larisnya. Penjual tidak mau kalau konsumen hanya membeli es kopi berukuran kecil terus. Namanya pedagang, pasti ingin mendapat margin atau keuntungan per consume itu naik. Kalau bisa semua produknya laku terjual.
Lalu bagaimana cara penjual tersebut menaikkan keuntungan per konsumen seperti maksud tadi? Salah satunya cara adalah dengan menambah satu produk baru yang dibuat supaya tidak laku. Iya, tidak laku dengan membuat produk dengan kemasan berukuran medium dengan harga misalnya Rp.30,000. maka, dari es kopi berukuran kecil Rp.20,000 dan es kopi berukuran besar Rp.35,000 kemudian sekarang ke 3 pilihan ini membuat es kopi berukuran medium menjadi produk yang seolah-olah tidak penting, karena harga yang ‘nanggung’ membuat keputusan konsumen pada akhirnya membeli es kopi berukuran besar saja. “lumayan kan, hanya selisih 5 ribu kita dapat es kopi berukuran besar?” Tujuan utama produk decoy dibuat memang bukan untuk dibeli banyak orang, melainkan untuk mengarahkan konsumen agar membeli produk utama mereka, yaitu es kopi yang berukuran besar. Begitulah Produk Decoy atau Decoy Effect ini diciptakan.

Pengaruh Decoy Effect Pada Penjualan

Strategi marketing ini sudah sejak puluhan tahun lalu dilakukan oleh banyak pelaku usaha, dan strategi ini terbukti dapat menaikkan penjualan dengan signifikan. Di dalam pemasaran, decoy effect adalah metode yang mana konsumen akan cenderung memiliki perubahan preferensi yang spesifik antara 2 opsi ketika disajikan dengan opsi ketiga yang didominasi dengan tidak berimbang.
Menurut Gerald Zaltman, seorang Profesor di Harvard Business School, pada dasarnya orang berbelanja itu sering kali tidak didasari dengan pertimbangan rasional, tetapi didasari oleh keputusan emosional yang bisa dipicu oleh perbandingan harga. Seperti, Packaging yang menarik, tawaran paket ekonomis dan hal-hal pelengkap lainya yang bukan merupakan esensi utama produk, nah, mungkin ini juga yang menjadi penyebab mengapa kita mudah terbujuk dengan promo diskon, ikut berburu flash sale dan lain semacamnya.
Untuk Sahabat yang sedang merintis usaha, jualan online, atau sedang menjual barang tertentu mungkin bisa terinspirasi dan mencoba untuk mempraktekan strategi penjualan ini. Sahabat juga mencoba produk KUR Syariah dari Pegadaian untuk mengembangkan usaha yang sedang Sahabat rintis. Dengan syarat yang mudah dan proses pencairan dana yang cepat, maka tidak ada salahnya jika Sahabat mencoba mengajukan pembiayaan di KUR Syariah dari Pegadaian agar bisnis yang sedang dirintis dapat terus berkembang.Semoga informasi tadi dapat membantu dan menginspirasi Sahabat Semua. Ajukan KUR Syariah dari Pegadaian Sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email kamu tidak akan terlihat oleh pengunjung lain.
Komentar *
Nama*
Email*
logo

PT Pegadaian

Berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Ikuti Media Sosial Kami

Pegadaian Call Center

1500 569

atau 021-80635162 & 021-8581162


Copyright © 2024 Sahabat Pegadaian. All Rights Reserved